Peran Penting Susu untuk Kecerdasan Anak

Ilustrasi anak minum susu
Sumber :
  • Pixabay/Candice_Rose

VIVA.co.id – Banyak nutrisi penting dalam susu yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Sayangnya, konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah sekali dibandingkan negara lain di Asia Tenggara.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Padahal susu menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Menurut  Ketua Pusat Kajian Gizi Keluarga FKM UI Ir. Ahmad Syafiq, MSc, Ph.D., kecerdasan dan prestasi anak didapat melalui dua jalur, pertama adalah kognisi.

"Prestasi ini ditentukan oleh aspek intelektual yakni pembentukan otak sejak dalam kandungan. Aspek ini berkontribusi sampai 80 persen. Ini adalah dasar intelektual pada anak," kata Ahmad saat talkshow pencanangan Gerakan Nusantara di Kemendikbud, Jakarta, Kamis, 6 Oktober.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Sedangkan aspek yang kedua adalah stimulasi dari lingkungan dan orangtua adalah faktor pertama dari stimulasi itu. Setelah anak tumbuh semakin besar maka dia akan tersentuh dengan lingkungan yang lebih luas lagi. Di sinilah peran guru dan teman membantu dalam stimulasi otak anak.

Peran susu sebagai salah satu sumber nutrisi yang penting bagi anak, menentukan tingkat kehadirannya ketika di sekolah.

Cegah Anemia, Ahli Gizi Sarankan Minum Ini saat Ramadhan

Ahmad menuturkan, tingkat kehadiran atau absensi anak di sekolah harus diperhatikan. Seberapa sering dia tidak masuk tentu akan memengaruhi penurunan prestasi akademiknya.

"Penyebab anak tidak masuk sekolah salah satunya sakit. Sakit berkaitan dengan kekebalan tubuh yang bisa didapat anak dari susu," kata Ahmad.

Karenanya, Ahmad menambahkan, susu memiliki zat gizi yang banyak ragamnya dan semuanya penting bagi anak.

Susu binatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya