Tips Redam Rasa Cemburu Kakak pada Adiknya

Ilustrasi kakak dan adik.
Sumber :
  • Pixabay/ RondellMelling

VIVA.co.id – Memiliki anak dengan beda usia yang jauh, belum tentu bisa memperkecil persaingan kakak dan adik. Masalah ini, tentu sering dihadapi orangtua.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Apalagi, bagi si kakak yang menghadapi kehadiran adik baru. Tentu, ini terkadang menimbulkan rasa cemburu. Bukan hal yang mudah untuk meredakan rasa cemburu kakak terhadap adiknya.

Seringkali, sikap cemburu tersebut ditunjukkan melalui ragam sikap berbeda. Meski normal, Anda juga sudah sepatutnya memahami bagaimana menghadapi situasi tersebut. Berikut beberapa tips seperti dilansir laman Todaysparent.

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

1. Cobalah untuk membentuk hubungan baik antara si kecil dengan adik, dengan membiarkannya menunjukkan sikap ekspresif. Dalam artian, kata edukator anak, Jeannette Decker, biarkan si kecil menunjukkan perasaannya selama masih dalam perilaku positif.

2. Hindari beberapa kalimat negatif dan sensitif yang menyinggung perasaannya. Misal, "hentikan drama itu" atau "kamu sayang adikmu, dia lucu kan?"

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Punya 46 Anak Asuh: Qadarallah Belum Dikasih Keturunan

3. Beberapa sikap yang ditunjukkannya mungkin tidak semuanya positif. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mendekatinya lalu tegaskan kembali maksud dari sikap dan perasaannya saat itu.

4. Berikan ia waktu untuk menerima hal ini dengan informasi yang cukup. Sebab, informasi yang memadai, perlahan mampu mengubah sikap pada adik kecilnya. Beri pengertian, bahwa kehadiran adik adalah anugerah.

Ilustrasi bersaudara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya