5 Langkah Pertolongan Pertama untuk Masalah Kesehatan Jiwa

Ilustrasi trauma
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA.co.id – Kurangnya informasi dan pengetahuan dalam melakukan pertolongan pertama pada kesehatan jiwa masih sering terjadi. Padahal semestinya pertolongan pertama bisa dilakukan oleh keluarga, sampai tenaga medis profesional datang dan menangani.

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

Pertolongan pertama psikologis atau dukungan awal psikologis dalam kesehatan jiwa harus tersedia untuk semua orang, karena berbagai kondisi krisis dan masalah kesehatan jiwa sering terjadi di masyarakat. 

Dukungan awal psikologis ini dapat dilakukan oleh masyarakat seperti kader kesehatan melalui pelatihan-pelatihan kesehatan jiwa. Bahkan peran masyarakat ini telah dicantumkan pada Bab VII pasal 84 dan 85 Undang-undang Kesehatan Jiwa, Kementerian Kesehatan RI.

Memahami Depresi: Mengenali Tanda-Tandanya dan Cara Mencari Bantuan

Dari rilis lembar fakta yang diterima VIVA.co.id, Minggu, 9 Oktober 2016, keluarga dan masyarakat dapat berperan dengan mempelajari Keterampilan Pertolongan Pertama Kesehatan Jiwa (Mental Health First Aid Action Plan), yang terdiri dari lima langkah, yakni pendekatan, deteksi dan membantu krisis apapun, mendengarkan tanpa menghakimi, memberikan dukungan dan informasi yang tepat, mendorong penderita untuk mendapatkan bantuan profesional yang sesuai, serta mendorong dukungan lainnya

Pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama psikologis atau dukungan awal psikologis akan banyak memberikan manfaat maksimal, tidak hanya bagi prognosis kesehatan jiwa tetapi juga dalam pembangunan kesehatan dan kualitas bangsa pada umumnya.

Terkuak, Identitas Pria yang Nekat Terobos Istana Negara pada Malam Takbiran

Dalam hal kesadaran akan pentingnya kesehatan jiwa, peran keluarga dan lingkungan dalam memberikan pertolongan pertama orang dengan gangguan jiwa juga akan sangat berpengaruh. Hal ini berpengaruh terhadap terbentuknya keadaan yang menaikkan martabat, menghilangkan stigma dan diskriminasi orang yang mengalami masalah kesehatan jiwa.

(mus)

Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024