Cara Asyik Membangun 'Bonding' Ayah dan Buah Hati

Ilustrasi ayah dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/White77

VIVA.co.id – Bonding (ikatan) antara ibu dan buah hati, terbentuk langsung sejak proses kelahiran terjadi. Terlebih, banyaknya waktu yang dilakukan bersama, memberikan koneksi istimewa antar keduanya.

Jangan Dilarang Moms, Bermain Ternyata Bisa Ajarkan Anak Atur Ego Sejak Dini

Tapi, perlu dipahami, peran ayah juga sangat penting untuk menyeimbangkan tumbuh kembang anak. Nah, berikut beberapa ide untuk menjalin kebersamaan antara ayah dan si kecil, seperti dilansir dari Baby Arabia.

Aktivitas di luar ruangan

Moms, Sibuk Kerja Bonding dengan Anak Jadi Berkurang? Siasati dengan Cara Ini

1. Piknik

Tidak hanya dapat menikmati waktu bersama selagi piknik, tapi bonding bisa terbentuk saat mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. Ajak si kecil menyiapkan makanan untuk piknik, tapi dengan memberinya pilihan makanan yang mudah dan sehat.

Cara Nagita Slavina Bangun Kedekatan dengan Anak-anak di Tengah Kesibukan

2. Kebun binatang

Ajak si kecil menuju kebun binatang untuk melihat kehidupan para binatang di satwa serta mengenali jenis-jenis binatang. Hal ini bermanfaat dua hal bagi si kecil yaitu meningkatkan pengetahuannya serta memberi kebahagiaan kala mengunjungi kebun binatang tersebut.

3. Taman bermain

Jangan segan untuk ajak anak pergi ke taman bermain. Karena, di taman bermain tersebut, si kecil bisa banyak bergerak dan berkenalan dengan anak seusianya.

Ayah dan Anak

Aktivitas di dalam ruangan

1. Bermain seharian

Habiskan waktu bersama selama seharian dengan mencari banyak aktivitas. Lakukan hal yang memberinya tantangan seperti membuat kue atau mendirikan benteng dengan mainannya.

2. Membantu ibu

Tunjukkan pada si kecil bagaimana cara membantu sang ibunda tercinta membersihkan rumah, membereskan sesuatu pada tempatnya kembali, hingga memasak. Hal ini berdampak pada kedekatan yang terjalin dengan seluruh keluarga.

3. Menggambar

Si kecil, terutama di usia pra-sekolah, senang untuk menggambar apapun. Oleh karena itu, berikan beberapa peralatan menggambar untuk mengasah kreativitasnya sambil menemaninya menggambar.

4. Dongeng

Membacakan dongeng merupakan ide sederhana yang selalu berhasil membangun bonding antara ayah dan anak. Dengan memberinya pelukan hangat sambil mendongeng, akan membuat si kecil merasakan kasih sayang ayah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya