Kebiasaan Baca Bikin Anak Lebih Bijak Manfaatkan Informasi

Anak membaca.
Sumber :
  • Pixabay/falovely

VIVA.co.id – Membaca merupakan keterampilan yang harus dimiliki anak dan mulai diajarkan ketika anak memasuki usia sekolah.

Cegah Hoax Merajalela, Tanamkan Minat Membaca Pada Anak

Ketua Umum Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah Indonesia Hanna Catherina George mengatakan, untuk membangun kecintaan anak terhadap membaca adalah dengan membangun kesenangan atau enjoyment terlebih dahulu terhadap kegiatan membaca.

"Untuk anak-anak PAUD atau TK bisa dengan story telling menggunakan buku hingga kemudian anak bisa menikmati. Buku yang diceritakan harus menimbulkan pesan sehingga bisa membangun kesukaan," kata Hanna saat acara Kopi Darat di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, Rabu, 12 Oktober.

Membacakan Buku Sejak Dini, Efektif Picu Minat Baca Anak

Atau, bisa dengan melakukan tanya jawab dengan anak, seperti apa tokoh dalam cerita, baik atau tidak, dan sebagainya.

Untuk membangun kesenangan ini, kata Hanna, literasi harus sudah dimulai sejak anak di sekolah dasar. Dan, yang terpenting adalah dari rumah. Orangtua harus bisa menjadi teladan bagi anak dalam kebiasaan membaca.

Tips Mudah Membiasakan Anak Gemar Membaca

Anak Membaca

Jika kesukaan membaca ini sudah dimulai sejak dini dan terus berlanjut, ketika mereka sudah memasuki jenjang SMP dan SMA kemampuan membaca ini berkembang menjadi literasi informasi.

"Literasi informasi ini akan membuat mereka bisa memanfaatkan informasi yang mereka dapat dari membaca untuk memecahkan masalah mereka," kata Hanna.

Dengan demikian anak akan tumbuh menjadi seorang pembelajar seumur hidup. Orangtua pun tidak perlu khawatir lagi, di manapun buah hatinya berada dia akan baik-baik saja karena bisa menggunakan informasi secara bijak.

Begitu pun dengan arus deras informasi dari dunia maya yang semakin akrab dengan anak-anak remaja. Anak yang sudah mencapai kepada literasi informasi mereka akan lebih bisa memilah mana informasi yang valid dan mana yang tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya