Deretan Manfaat Madu untuk Kesehatan Mata

Ilustrasi madu.
Sumber :
  • Pixabay/fancycrave1

VIVA.co.id – Banyak orang yang selalu berhadapan dengan layar komputer atau layar ponsel sehari-hari. Benda-benda tersebut tentu memberi pengaruh bagi kesehatan mata, apalagi jika tidak didukung dengan gaya hidup yang sehat.  

Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Umumnya obat tetes mata adalah cara sederhana dan praktis untuk mengatasi masalah mata. Namun, mata juga butuh perawatan dari dalam, caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayuran.

Nah, jika selama ini wortel atau apel dikenal baik untuk mata, begitu pula dengan madu. Tidak hanya baik untuk kulit, madu terutama madu murni juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk mata. Berikut diantaranya, seperti dilansir laman Boldsky.

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Mengatasi mata kering

Ambil beberapa tetes madu, campur dengan air hangat lalu basuh mata dengan air tersebut sebelum tidur. Ramuan ini baik untuk mengatasi mata yang gatal, merah dan kering.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Mengurangi mata bengkak

Ketika mata sudah lelah, cukup tutup mata Anda dan oleskan beberapa tetes madu di kelopak mata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Mengatasi masalah kotoran mata

Bagi Anda yang menghadapi masalah mata yang satu ini, cukup bersihkan mata dengan air madu. Beberapa studi menunjukkan bahwa ramuan ini ampuh mengatasi produksi kotoran mata berlebih.

Meredakan infeksi mata

Ambil beberapa tetes madu murni lalu campur dengan sedikit air hangat. Gunakan kapas untuk mengoleskannya pada area mata yang infeksi.

Menjaga otot mata tetap sehat

Menggunakan beberapa tetes madu di area mata dapat membuat otot mata tetap sehat. Cara ini baik dilakukan setiap hari terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia dengan penglihatan yang mulai berkurang. Tak hanya itu, konsumsi madu juga bisa mencegah munculnya kerutan halus sekitar mata.

Mencegah glaukoma

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan beberapa tetes madu pada mata juga mampu mengurangi risiko terjangkit glaukoma.

Mencegah rabun

Madu dikenal dengan kandungan antioksidan dan zinc yang dibutuhkan oleh saraf mata. Oleh karena itu, konsumsi madu juga memberi kontribusi untuk mencegah mata mengalami kerabunan.

Ilustrasi mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya