Vaksin DBD Efektif untuk Anak Hingga Usia Dewasa

Ilustrasi jarum suntik
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kemunculan vaksin untuk Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia yang menjadi negara endemis Dengue. Terlebih, vaksin ini memang efektif digunakan pada usia anak hingga dewasa yakni 9-45 tahun.

Masyarakat Diminta Waspada DBD dan HFMD, Kemenkes: Penyakit Tak Libur saat Libur Lebaran

"Berdasarkan studi atau uji klinis yang sudah ada, vaksin ini terdiri dari beberapa kelompok usia. Efektivitas terbaik didapatkan pada kelompok usia 9-45 tahun. Namun, pada usia kurang 9 efektivitasnya justru terbilang rendah," ujar Vaksinolog lulusan University of Sienna, Italia, dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD.

Padahal, di Indonesia, vaksin yang tersedia dikatakan baru efektif pada pasien usia 9-15 tahun.

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

"Lisensi penggunaan vaksin Dengue di Indonesia saat ini untuk usia 9-15. Untuk usia 15-45, diperlukan data tambahan. Namun saya yakin, ke depan, BPOM juga akan mengeluarkan lisensi untuk usia ini," kata dia.

Selain itu, vaksin dengue ini, kata Dirga, masih diimpor dan belum masuk program pemerintah. Sehingga, belum dapat ditemukan di puskesmas sebab masih belum ditanggung oleh pemerintah.

Libur Lebaran Kasus Flu Singapura Meningkat, Kemenkes Minta Lakukan Ini untuk Pencegahan

Namun, vaksin ini sendiri sudah tersedia di berbagai rumah sakit, dengan harga berkisar Rp1 jutaan, belum termasuk pajak. Vaksin ini diberikan sebanyak tiga kali suntikan dalam kurun waktu 12 bulan (0-6-12 bulan).

"Ketentuan dari rumah sakit pasti beda-beda, jadi saya perkirakan range harganya Rp1-1,4 juta. Tapi, untuk harga vaksinnya saja, hanya Rp1juta. Di rumah sakit, perbedaan harga itu pasti dengan perhitungan lain seperti administrasi dan jasa dokter misalnya," ujarnya.

Pengembangan Vaksin untuk Virus Zika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya