Ketahui Kebaikan Buah Sawo untuk Kesehatan

Ilustrasi buah sawo.
Sumber :

VIVA.co.id – Jika dibandingkan dengan buah-buahan seperti mangga, apel, dan pisang, sawo memang tidak begitu populer. Namun, kenyataannya buah ini juga memiliki segudang kebaikan yang tak kalah dari buah-buahan populer lainnya.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Tidak hanya nikmat disantap dalam kondisi mentah, sawo juga nikmat bila disantap dengan susu, dibuat jus, atau dibuat menjadi selai. Berikut, beberapa manfatat sawo untuk kesehatan tubuh, dilansir dari laman Boldsky.

Kaya vitamin A dan C

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Vitamin A dalam buah membantu meningkatkan kesehatan mata, sedangkan vitamin C membantu meningkatkan kekebalan sistem imun, mengurangi risiko kelainan jantung, dan penyakit lain.

Baik untuk ibu hamil

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Sawo bisa membantu ibu hamil mengatasi morning sickness, karena kandungan kolagen di dalamnya membantu meredakan rasa sakit di perut. Vitamin, karbohidrat dan elektrolit dalam sawo juga baik untuk memenuhi kebutuhan asam laktat pada ibu hamil.

Baik untuk pencernaan

Jika dikonsumsi setiap hari, kandungan serat pada sawo mampu mencegah Anda mengalami konstipasi.

Cadangan energi

Kandungan gula alami pada sawo seperti fruktosa dan sukrosa, merupakan sumber energi bagi tubuh. Jika Anda memiliki kegiatan yang padat, Anda bisa mencoba mengonsumsi sawo untuk menjaga tubuh tetap bertenaga.

Menghindari batu ginjal

Tidak hanya daging buahnya saja, mengonsumsi biji sawo yang dihaluskan bermanfaat untuk mencegah terjadinya batu ginjal karena bersifat diuretik.

Baik untuk tulang

Sawo mengandung fosfor, zat besi, kasium, zinc, copper, selenium dan masih banyak mineral lain yang baik untuk pertumbuhan tulang. Tak hanya itu, kandungan mineral ini juga baik untuk 'investasi' kesehatan di masa tua. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya