Tips Menyuapi Si Kecil yang Susah Makan

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Orangtua sering kali mempertanyakan seberapa baik kualitas makan si kecil dan mengeluhkan kesulitan yang dihadapi saat menyuapi anak makan. Namun, sebenarnya mencemaskan hal ini justru bisa menjadi bagian dari masalah dan justru memperkeruh keadaan.

Bunda, Jangan Panik! Ini Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Semua orang tua tentu ingin anaknya mendapatkan porsi makan yang cukup dan mau menerima asupan gizi yang diberikan oleh orangtua. Tapi bagaimana cara menghadapi anak yang susah makan? Berikut tipsnya, dilansir dari laman Lifehack.

Buat anak merasa menjadi bagian dari keluarga

Anak Kurang 1 Tahun Banyak Alami Neophobia, Apa Itu?

Seringkali orangtua memberikan waktu yang berbeda saat menyuapi sang anak dan saat makan dengan keluarga, dengan alasan agar lebih fokus dan mempermudah pekerjaan Anda. Namun, cara ini memengaruhi kebiasaan makan anak.

Jika Anda mengikutsertakan anak saat makan malam bersama dengan anggota keluarga lain, maka anak akan memperhatikan dan cenderung akan meniru hal tersebut, yaitu makan dengan lancar. Cara ini memang susah-susah gampang, Anda hanya butuh kesabaran untuk melalui proses ini. Lakukan sesering mungkin.

Anak Susah Makan Sebabkan Gampang Sakit Hingga Malnutrisi, Orang Tua Harus Lakukan Ini

Berbagi makanan

Berbagi makanan bisa meningkatkan kebiasaan makan anak. Orangtua biasanya cenderung memisahkan makanannya dengan milik sang anak. Cobalah untuk berbagai makan siang Anda dengan anak dan ajak dia untuk mencicipi makanan Anda. Cara ini dilakukan demi membiasakan mereka untuk makan dan menganggap makan adalah sebuah kegiatan yang normal.

Mengobrol tentang makanan

Tips ini masih berhubungan dengan dua tips sebelumnya. Saat makan, Anda bisa menceritakan tentang makanan, bagaimana manfaatnya atau memperkenalkan nama-nama makanan pada mereka. Anda juga bisa lakukan hal ini saat sedang memasak.

Ilustrasi anak makan buah

Jangan paksa makanan yang tidak disukai anak

Jika anak tidak menyukai makanan tentu, maka kurangi porsi makanan tersebut. Mulailah menyuapi mereka makanan tersebut sedikit demi sedikit hingga mereka tertarik dengan makanan tersebut.

Beri sendok

Banyak orangtua berpikir bahwa anak tidak butuh peralatan makan hingga mencapai usia tertentu. Namun sebenarnya semakin dini mereka diperkenalkan pada peralatan makan seperti sendok, semakin cepat pula mereka terbiasa dengan peralatan itu. Entah mereka akan makan dengan sendok atau tidak, setidaknya mereka terbiasa dengan peralatan tersebut.

Menciptakan suasana ceria

Ini adalah salah satu kunci utama. Banyak orangtua yang tidak menyadari bahwa stres dan suasana hati mereka juga memengaruhi sang anak. Pastikan Anda tetap bisa menjaga suasana yang positif selama waktu makan, Buat mereka nyaman saat menikmati santapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya