Gangguan Telinga Bisa Indikasikan Masalah Penyakit Serius

Telinga.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Telinga salah satu organ yang penting bagi tubuh, selain menjadi gerbang masuknya suara ke gendang telinga, organ yang satu ini ternyata juga bisa dijadikan tolak ukur atau indikasi kesehatan tubuh Manusia.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Dilansir dari laman Prevention, berikut ini beberapa indikasi kesehatan dan penyakit serius yang bisa Anda ketahui dari keluhan masalah telinga yang Anda alami.

1. Diabetes

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Kehilangan pendengaran menjadi masalah kesehatan ketiga yang paling sering terjadi di Amerika Serikat. Namun masalah telinga ini juga menjadi indikasi atau gejala diabetes.

Menurut studi tahun 2008 oleh National Institutes of Health, kehilangan pendengaran merupakan dua kali lebih sering terjadi pada diabetes dibandingkan mereka yang tidak. Terlebih, infeksi telinga juga sangat sering terjadi pada pasien-pasien diabetes.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

2. Tinnitus

Sering merasakan telinga yang berdengung? Kondisi tersebut seringkali dikenal dengan nama tinnitus, di mana itu bisa menjadi tanda gejala dari hampir 200 masalah kesehatan di tubuh.

Mulai dari yang paling ringan yaitu kecemasan, kemudian depresi, hingga masalah hipertensi. Mungkin tidak semua gejala tinnitus berdampak pada penyakit tersebut, namun jika membuat kenyamanan Anda menurun, sebaiknya segera cek ke dokter.

3. Alergi

Saat alergi, seringkali hanya melihat pada bagian mata dan bibir, padahal telinga Anda juga bisa menjadi patokan untuk melihat alergi tersebut. Jika telinga tampak merah, bentol dam gatal, hal itu bisa menjadi tanda adanya alergi.

Ilustrasi alergi gluten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya