Tips Memulai Kebiasaan Mendongeng di Rumah

Ilustrasi mendongeng untuk anak.
Sumber :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

VIVA.co.id – Bagi orangtua yang tidak biasa mendongeng mungkin akan melihat kegiatan mendongeng sesuatu yang sulit dilakukan. Tapi ternyata memulai dongeng itu sangat sederhana.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Menurut Ariyo Zidni, pendongeng dan penggagas komunitas Ayo Dongeng Indonesia, memulai dongeng untuk anak bisa dimulai dengan memilih cerita yang Anda paling sukai dahulu.

"Tidak usah pusing dengan beban nilai moral, apa yang harus disampaikan," kata Ariyo saat ditemui di kawasan Semanggi, Jakarta, Rabu, 26 Oktober.

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

Dan yang terpenting, lanjut Ariyo, jangan mengakhirinya dengan nilai moral karena itu justru akan merusak cerita dan seluruh aspek mendongeng. Kalau ditutup dengan penjelasan nilai-nilai, kegiatan ini bukan lagi mendongeng melainkan ceramah.

Saat mendongeng, orangtua harus dapat membangun komunikasi, kedekatan, jiga imajinasi. Ketika menyampaikan juga, orangtua bukan sekadar bercerita dan anak mendengarkan. Tapi, yang menjadi dasar dongeng adalah komunikasi dua arah.

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Punya 46 Anak Asuh: Qadarallah Belum Dikasih Keturunan

"Apa yang disampaikan jadi pengalaman bersama. Kasih ekspresi dan nada suara supaya anak suka. Ketika melihat ekspresi anak, kita bisa turunkan atau naikkan tensinya," kata Ariyo.

Di akhir cerita, orangtua bisa melakukan pembahasan terbuka dengan anak. Bukan dengan menyampaikan nilainya. Dengan diskusi, anak akan dilatih daya tangkapnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya