Gargle Bisa Bantu Kurangi Gejala Sakit Tenggorokan

Ilustrasi flu dan batuk
Sumber :
  • Telegraph

VIVA.co.id – Gangguan tenggorokan, seperti rasa tidak nyaman akibat gatal atau bengkak, umum ditemui masyarakat. Penyebabnya antara lain seperti alergi, gejala influenza, asap rokok, serta virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Mencegah radang tenggorokan biasanya dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum cukup vitamin, dan bisa juga dengan berkumur dengan cara gargle.

Gargle adalah berkumur sampai rongga tenggorokan dengan cairan kumur yang mengandung antiseptik.

Apakah Berkumur saat Wudhu Tidak Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Para Ulama

"Ketika gangguan tenggorokan mulai terasa, masyarakat dianjurkan menjaga kesehatan daerah tenggorokan dengan berkumur dan gargle dengan benar, menggunakan cairan kumur antiseptik," kata dr. Syahrial M.Hutauruk, SpTHT -KL(K), Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI/RSCM, dalam media workshop “Sore Throat Will Not Slow Me Down”, di Jakarta Selatan, Selasa 1 November 2016.

Gargle berbeda dengan kumur. Kalau kumur hanya di bagian mulut, sama seperti ketika berkumur setelah menggosok gigi, sedangkan gargle hingga bagian tenggorokan.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

"Gargle yang benar adalah pada bagian rongga mulut sampai tenggorokan selama 30 detik untuk bisa mengurangi persebaran bakteri dan virus secara efektif," tuturnya.

Sementara itu, Merry Sulastri, educator and trainer Mundipharma menambahkan, "Povidone-Iodine yang ada di dalam obat kumur terbukti klinis dapat menghilangkan kuman penyebab sakit tenggorokan secara efektif. Gunakan dengan memasukkan 10-15 mililiter, kemudian kepala menghadap 45 derajat, gargle selama 30 detik, keluarkan dan lakukan tiga hingga lima kali sehari, saat sakit tenggorokan," ujarnya.

Berkumur-kumur dan sikat gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya