Stroke, Penyakit Kritis yang Banyak Diklaim Asuransi

Ilustrasi stroke.
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA.co.id – Beberapa tahun belakangan, jumlah pasien yang terkena penyakit kritis kian meningkat jumlahnya. Dari data Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) tahun 2014, tiga penyakit kritis utama penyebab kematian di indonesia adalah stroke, jantung, dan diabetes.

Polisi Ungkap Detik-detik Penemuan Ibu dan Anak Tewas Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

WHO juga menyebutkan deretan penyakit kritis tersebut menyebabkan timbulnya kerugian finansial bagi banyak orang. Sementara itu Kim Yeoh Chief Actuary dari di PT Prudential Life Assurance (Prudential lndonesia), menyebutkan bahwa pada 2015, di Prudential sendiri jumlah klaim penyakit kritis terbanyak sama dengan data yang dimiliki oleh WHO yakni untuk stroke, kanker, dan penyakit jantung.

Sampai 30 Juni 2016, jumlah kasus klaim untuk penyakit-penyakit kritis ini, meningkat hingga 18 persen, sementara nilai klaimnya meningkat 54 persen dibandingkan dengan periode sama di tahun sebelumnya. Ia juga menjelaskan bahwa di tahun 2012, sedikitnya 38 juta angka kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung, kanker, penyakit pernapasan kronis dan diabetes. Bahkan menurut data WHO penyakit kanker juga diprediksi akan meningkat 7 kali lipat di tahun 2030.

Kaya Protein Hingga Cegah Stroke, Jangan Lupa Masukkan Seafood ke Menu Ramadhan

"Hal tersebut tersebut seringkali berkaitan dengan gaya hidup yang kurang sehat, seperti kurang istirahat dan pola makan makan yang kurang baik," kata Kim saat peluncuran Pru Crisis Cover Benefit Plus 61, di Prudential Tower, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu 2 November 2016.

Ia juga menambahkan bahwa hak ini juga kerap dipicu oleh tingginya tingkat stres dan meningkatnya polusi, terutama di kota-kota besar seperti di Jakarta. Meski demikian, hingga saat ini, ia juga mengatakan bahwa klaim untuk jasa asuransi sendiri masih lebih di dominasi oleh klaim untuk perawatan di rumah sakit.

Wafat di Usia 97 Tahun, Solihin GP Sempat Enam Kali Alami Stroke hingga Lumpuh

"Tren (penyakit krisis) klaimnya agak stabil beberapa tahun, hanya mungkin tahun ini agak meningkat sedikit. Jadi tidak terlalu mengkhawatirkan, tapi tetap harus waspada," kata dia.

Asuransi

Proses Evakuasi Jasad Suami Bakar Istri di Jayapura. (Foto:Damkar Kota Jayapura)

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Suami di Jayapura Bakar Istri hingga Hangus Gara-gara Sakit Stroke

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024