Jenis Penyakit yang Bisa Dideteksi Lewat Lidah

Difteri bisa dicek dari kondisi rongga mulut
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Apakah warna dan tekstur lidah Anda normal? Jika tidak, segeralah memeriksanya karena perubahan pada lidah Anda dapat mengungkapkan beberapa penyakit yang mungkin tidak Anda ketahui.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Setiap kali Anda berkunjung ke dokter karena masalah kesehatan apapun, hal pertama yang akan diperiksa adalah bagaimana kondisi lidah Anda. Ini adalah salah satu prosedur pemeriksaan yang paling umum namun banyak dari kita yang tidak terlalu menganggap serius hal ini. Bahkan banyak yang tidak menyadari bagaimana lidah bisa menjadi indikasi penyakit seseorang.

Warna normal lidah kita adalah merah muda dan teksturnya sedikit kasar. Jadi, kalau Anda menemukan perubahan apapun pada warna lidah dan teksturnya. sebaiknya lakukan pemeriksaan sebelum kondisinya semakin parah.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang dapat diketahui lewat warna dan tekstur lidah seperti dilansir Boldsky.

1. Kolesterol tinggi dan jantung
Jika Anda melihat bagian tertentu dari lidah Anda sedikit berwarna ungu, itu bisa menjadi indikasi Anda menderita kolesterol tinggi dan masalah jantung.

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

2. Demam dan dehidrasi
Jika Anda melihat warna lidah Anda sedikit berwarna kuning dan bukan merah muda normal, ini bisa menjadi tanda Anda mengalami demam, dehidrasi, dan masalah pernapasan.

3. Kurang zat besi
Biasanya lidah tampak sedikit kasar. Tapi jika Anda merasa lidah Anda lembut, Anda harus memeriksanya karena hal ini bisa disebabkan tubuh kekurangan nutrisi khususnya zat besi dan vitamin B.

4. Masalah pencernaan dan Infeksi jamur
Jika lidah Anda terlihat memutih, maka itu pertanda bahwa bakteri menempel di lidah Anda. Atau, itu bisa menjadi tanda adanya infeksi jamur. Kondisi ini juga bisa menunjukkan Anda mengalami masalah pencernaan. Dengan kondisi ini, Anda harus membiasakan membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah setiap hari.

5. Kurang vitamin
Terkadang, lidah bisa terlihat lebih merah. Itu artinya Anda mengalami demam dan juga mengalami kekurangan vitamin B di dalam tubuh.

6. Gangguan imun dan stres
Saat seseorang mengalami stres ekstrem, lidah akan menjadi kering. Minumlah air atau lakukan langkah untuk mengurangi stres agar tekstur lidah kembali normal. Namun, jika gejalanya berlanjut, itu artinya Anda menderita gangguan imun.

7. Higienitas mulut yang buruk
Apakah Anda pernah melihat lidah seseorang menghitam? Itu bisa disebabkan oleh higienitas yang buruk dan bisa juga disebabkan oleh pemakaian tembakau yang berlebihan.

Ilustrasi lidah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya