Duduk Terlalu Lama Picu Masalah Kesehatan Mental

Ilustrasi stres.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Tak hanya pekerja yang dituntut untuk banyak duduk di depan komputer. Mereka yang malas dan senang duduk santai di sofa selama berjam-jam juga berisiko mengalami masalah kesehatan serius.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Hal ini pun sudah dibuktikan lewat sebuah penelitian. Meski begitu, hal ini tentunya sulit dihindari bagi mereka yang pekerjaan harus duduk di depan komputer.

Namun, Anda bisa mengambil langkah pencegahan dengan melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari dan beristirahat sejenak dengan berjalan selama beberapa menit.

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Ada beberapa jenis penyakit yang mengancam Anda jika terus-menerus duduk dalam waktu lama seperti dilansir laman Boldsky.

Lemak perut menumpuk

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang duduk selama berjam-jam dan mereka yang pekerjaan banyak duduk mengalami peningkatan lemak perut yang sangat cepat. Ini disebabkan oleh metabolisme yang melambat saat duduk. Karenanya, kalori yang terbakar juga sedikit dan lemak lebih mudah menumpuk di wilayah pinggang.

Sakit punggung

Duduk selama berjam-jam akan menyebabkan sakit punggung, terutama Anda yang duduk di kursi dan bekerja di depan komputer. Karena, aktivitas ini menuntut Anda duduk di posisi sama dengan leher dan kepala tegak selama berjam-jam. Sehingga saraf tulang belakang Anda mengalami tekanan berat dan menyebabkan sakit punggung dan leher.

Kadar gula darah meningkat

Banyak ahli mengatakan kalau duduk terlalu lama dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar insulin yang diproduksi oleh pankreas. Sehingga menyebabkan peningkatan drastis kadar gula darah. Saat kadar gula darah tinggi, seseorang akan berisiko terkena diabetes.

Kesehatan mental memburuk

Duduk terlalu lama juga akan memperburuk kesehatan mental Anda. Saat seseorang duduk terlalu lama, kapasitas darah yang membawa oksigen ke otak juga akan menurun. Hal ini menyebabkan kemampuan kognitif dan memori memburuk, bahkan bisa menyebabkan depresi.

Duduk terlalu lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya