Konsumsi Alkohol Sebabkan 700 Ribu Kasus Kanker

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Konsumsi alkohol, memang lebih banyak memberi dampak negatif pada tubuh. Terlebih, data menunjukkan konsumsi alkohol dapat menyebabkan lebih dari 700 ribu kasus kanker.

Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Tidak hanya itu, berdasarkan angka tersebut juga tercatat 366 ribu kematian terjadi akibat kanker di tahun 2012. Data yang dilaporkan oleh World Cancer Congress di Paris itu, sebagian besar ditemukan di negara kaya.

Hal ini didapatkan dari perbandingan antara risiko kanker bagi mereka yang konsumsi alkohol dan yang tidak. Peneliti mengalkulasi bahwa alkohol bertanggung jawab sebesar lima persen pada semua kasus kanker dan 4,5 persen pada kasus kematian per tahunnya, dilansir dari Al Arabiya.

Semangat Kate Middleton Lawan Kanker: Pengobatan Berjalan Lancar

"Sebagian besar masyarakat tidak mewaspadai bahwa kanker dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol," ujar asisten peneliti studi, Kevin Shield.

Kemudian, dari data yang ada, kasus kanker terbesar yang diakibatkan oleh konsumsi alkohol adalah kanker payudara. Menyusul di bawahnya yakni kanker kolorektal sebesar 23 persen kasus.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

International Agency for Research on Cancer (IARC) menjelaskan bahwa alkohol masuk dalam daftar kategori satu yang mengandung karsinogen. Sehingga, agensi yang dinaungi WHO itu mengaitkan hal tersebut sebagai penyebab terjadinya kanker.

Ilustrasi sel kanker.

Ilustrasi kanker

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

Peningkatan kanker di usia muda ini disebabkan adanya berbagai faktor. Mulai dari perubahan gaya hidup seperti, kurang berolahraga, pola makan tidak sehat hingga lainnya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024