Tiga Masalah Mata yang Sering Dialami Si Kecil

Anak berkacamata.
Sumber :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

VIVA.co.id – Memiliki penglihatan yang baik dan jelas, sangat penting bagi semua orang, termasuk buah hati Anda. Sayangnya, sekitar 60 persen anak-anak memiliki kesulitan dalam membaca karena adanya masalah terkait penglihatannya.

Pandangan Mata Mulai Kabur, Ali Zainal Lakukan Ini

Pada umumnya, si kecil mampu melihat pada usia satu tahun. Kemudian, dapat menelaah dengan jelas pada usia tiga hingga lima tahun.

Seringkali, hal ini tidak diperhatikan oleh para orangtua, bahkan cenderung diabaikan. Sehingga, tidak jarang, di usianya yang beranjak besar, masalah pada penglihatannya semakin meluas.

Anak Terlalu Lama di Depan Layar? Ini yang Harus Dilakukan

Untuk itu, berikut beberapa masalah pada kesehatan mata si kecil yang sebaiknya menjadi perhatian besar para orangtua, dikutip dari laman Todaysparent.

1. Amblyopia atau mata malas

Katarak Bisa Terjadi pada Anak-anak dan Penderita Diabetes, Kenapa?

Kondisi ini terlihat pada salah satu mata yang berbeda dan tidak sejajar dengan garis normal mata. Biasanya, hal ini disebabkan karena kurangnya penglihatan pada salah satu mata tersebut. Jika si kecil memiliki kondisi seperti ini, segera berikan kacamata sementara untuk mengobatinya. Sebab, jika dibiarkan, dapat memicu masalah lebih lanjut pada bagian otak.

2. Mata merah

Menurut optometrist, Tanya Sitter, sindrom ini terjadi akibat penglihatan terus menerus pada layar komputer, smartphone, dan video game. Untuk mengatasi mata lelah tersebut, ajak si kecil untuk melakukan teknik 20-20-20.

"Ada kalanya untuk beristirahat selama 20 detik setiap 20 menit sekali untuk melihat dalam pandangan 20 kaki," ujar Tanya.

3. Refractive errors

Kondisi ini biasanya membuat si kecil sulit melihat dalam jarak jauh, dekat dan astigmatis. Namun, yang paling sering dialami oleh anak usia sekolah yaitu sulitnya melihat dalam jarak jauh.

Untuk itu, agar tidak semakin bertambah masalah penglihatannya, segera datang ke dokter dan berikan lensa kacamata yang sesuai.

Anak Berkacamata

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya