Peringati Hari Kesehatan Nasional, Kemenkes Ganti Logo

Menkes RI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA.co.id – Hari Kesehatan Nasional ke-52 tahun 2016, kembali diperingati oleh Kementerian Kesehatan RI. Terlihat ada yang  berbeda dengan logo Kementerian Kesehatan RI. Kini logo Kemenkes memiliki warna dan makna yang semakin luas untuk kesehatan masyarakat.

COVID-19 Menuju Endemi, Aturan Wajib Masker Akan Dihapus?

Bentuk logo baru Kemenkes saat ini, memiliki warna turqoise di tiga bagian sebelah kirinya. Hal tersebut melambangkan tiga pilar program Indonesia Sehat yaitu penerapan Paradigma Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional.

Kemudian, di bagian samping kanan, bidang berwarna hijau terang berbentuk hati.

Update COVID-19 Hari Ini 6 Maret 2022: Kasus Positif Tambah 24.867

“Bentuk hati sebagai tanda ketulusan dalam mewujudkan semangat universal seluruh warga Indonesia," ujar Menkes Nila F. Moeloek, di Kemenkes RI, kawasan Kuningan, Jakarta, Senin 14 November 2016.

Selain itu, adanya inisial K, mewakili bentuk sederhana dari singkatan kata kesehatan. Kemudian, terdapat lima ujung membulat yang mewakili nilai-nilai Kemenkes yaitu Pro rakyat, Inklusif, Responsif, Efeketif, dan Bersih.

Kasus COVID-19 Terus Turun, Indonesia Sudah Lewati Gelombang 3?

Terakhir yaitu ada bentuk garis busur panah. Di mana, ia mewakili target dan tijuam institusi Kementerian Kesehatan yakni mewujudkan Indonesia Sehat.

"Menambah warna baru semangat baru dalam melakukan pembangunan kesehatan," ujar Menkes saat menyambut peresmian logo baru tersebut.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, diselenggarakan pula pameran foto dengan tema Indonesia Cinta Sehat.

Peresmian pameran foto tersebut dilakukan pada hari Senin, 14 November 2016 di gedung Kemenkes, di kawasan Kuningan, Jakarta. Pameran foto tersebut, juga mencakup ajakan dengan tema "Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat".

Kumpulan foto berjumlah 190 karya. Di mana, seluruh foto tersebut diambil oleh tim humas Kemenkes RI saat meninjau jasa dan pelayanan kesehatan di beberapa kawasan di Indonesia.

Pameran foto tersebut, dibuka untuk umum mulai dari tanggal 14-20 November 2016 secara gratis. Masyarakat bisa datang dan mengunjungi gedung A, Kemenkes RI, untuk melihat langsung rangkaian foto-foto tersebut.

Selain itu, rangkaian peringatan HKN ke-52 ini juga diiringi dengan peresmian perpustakaan di gedung Kemenkes setelah sebelumnya di renovasi. Kini, perpustakaan tersebut sudah memiliki fasilitas E-catalog, di mana dapat mempermudah pencarian buku oleh para pengunjung.

"Sudah semakin nyaman dan mempermudah para pengunjung yang datang ke perpustakaan," ujar Menkes.

Logo baru Kemenkes

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya