Vegetarian Wajib Tahu Sumber Zat Besi Bukan Daging

Ilustrasi bayam.
Sumber :
  • Pixabay/kkolosov

VIVA.co.id – Banyak vegetarian sering diberitahu bahwa mereka mungkin tidak menerima nutrisi yang cukup, terutama protein dan mineral. Zat besi adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, biasanya diperoleh dari daging sapi. Ketika seseorang tidak mendapatkan cukup zat besi, hal ini dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai kekurangan zat besi.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Gejala utama dari kekurangan zat besi termasuk kelelahan, pusing, sakit kepala, kelemahan otot, sesak napas, jumlah hemoglobin yang rendah, anemia. Untuk itu Anda harus memastikan bahwa asupan zat besi dalam tubuh Anda cukup bagi tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan akan zat besi,  berikut deretan makanan yang kaya akan zat besi dilansir Boldsky.

Biji labu

Sehat Tanpa Rekayasa Genetik

Sumber sayuran yang banyak mengandung zat  besi salah satunya biji labu. Sebagai perbandingan satu ons biji labu mengandung sekitar 1 mg zat besi.

Brussels sprouts

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Brussels sprouts ialah salah satu makanan lain yang kaya akan zat besi, antioksidan dan serat. Sayuran ini bisa mengobati kekurangan zat besi dan bahkan membantu dalam fungsi metabolisme yang lebih baik.

Lentil

Lentil, salah satu kacang-kacangan yang paling umum dikonsumsi oleh para vegetarian karena kaya akan zat besi, tetapi juga protein, sehingga membuat untuk makanan vegetarian yang sehat.

Kacang hitam

Kacang hitam juga sumber sayuran lain yang kaya zat besi. Satu cangkir dapat memberikan sekitar 20 persen dari dosis harian yang direkomendasikan dari zat besi. Kacang hitam juga kaya serat dan protein.

Buah kering
Sebuah studi penelitian telah menemukan bahwa buah kering mengandung lebih banyak zat besi bila dibandingkan dengan buah-buahan segar. Jadi, buah-buahan kering bisa membuat camilan kaya zat besi yang besar.

Kismis hitam


Bayam

Bayam kaya akan zat besi sehingga, konsumsi bayam juga meningkatkan kapasitas darah untuk menyerap zat besi lebih baik. Bayam juga kaya akan vitamin C.

Beras merah

Beras merah kaya akan zat besi, vitamin B dan kandungan serat, menjadikannya pilihan yang sangat sehat untuk diet vegetarian

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya