Flu Tak Kunjung Sembuh Tanda Si Kecil Idap Alergi?

Ilustrasi anak sakit.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Influenza merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Namun, sejatinya, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Flu ditandai dengan diproduksinya lendir yang terlihat di lubang hidung. Nah, salah satu penyebab si kecil mengalami produksi lendir secara terus menerus yaitu kurangnya kekebalan pada tubuhnya. Ini mengakibatkan virus yang ada pada tubuh menjadi sulit dibasmi.

"Lendir diproduksi sebagai mekanisme pertahanan tubuh saat ada virus atau bakteri menyerang. Tapi, kalau munculnya terus menerus dan banyak serta kental, itu jenis lendir yang harus diwaspadai," ujar Spesialis Respirasi Anak, Prof. Dr. Cissy Kartasasmita SpA(K), saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis, 17 November 2016.

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Menurut Cissy, lendir yang menjadi mekanisme pertahanan tubuh tersebut umumnya berwarna bening. Jika warnanya sudah berubah menjadi hijau, Anda perlu waspada akan adanya infeksi.

"Lendir yang keluar berbeda warnanya dan secara menerus, bisa saja mengandung radang akibat infeksi," ujarnya menambahkan.

5 Alasan Mengapa Bulu Kucing Peliharaanmu Rontok

Namun, lanjut Cissy, lendir berwarna hijau juga bukan berarti pertanda infeksi saja. Sebab, bisa saja si kecil mengidap alergi.

"Kalau enggak sembuh-sembuh, mungkin menderita rinitis alergi, yaitu pilek yang diakibatkan alergi. Karena kalau virus flu, biasa lima hari sembuh jika daya tahan tubuh anak bagus," kata dia.

Alergi tersebut, lanjut Cissy, dipicu akibat alergi pada udara yang dihirup oleh si kecil. Terlebih, bayi usia enam bulan memiliki kecenderungan mengidap alergi ini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya