Ritual Wajib Agar Tidur Jadi Berkualitas

Ilustrasi bermimpi buruk.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Tidur yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh durasi yang dianjurkan, dan seberapa nyenyak tidur, tapi juga beberapa hal yang dilakukan sebelum tidur.

Ashanty Tertarik Coba Ruqyah untuk Atasi Susah Tidur

Dokter spesialis saraf dan neurologi, dr. Astuti, Sp.S(K)., mengungkapkan tidak bisa tidur di malam hari mungkin juga disebabkan oleh gaya hidup serta kondisi pra tidur.

"Ada sleep hygiene yang jelek seperti merokok, minum alkohol, makan junk food, atau minum teh dan kopi sebelum tidur. Kita harus melihat perilaku sebelum tidur ini seperti apa, dan harus dibetulkan," ujar Astuti saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat, 18 November.

Teringiang-Ngiang Warga Palestina, Ashanty Jadi Susah Tidur, Takut Kena Bom

Selain menghindari kebiasaan di atas, hal lain yang perlu dilakukan sebelum tidur adalah mempersiapkan tubuh, pikiran, dan kamar tidur. Sebelum tidur, tubuh tidak boleh terlalu lelah. Jadi, berolahraga pun tidak dianjurkan menjelang tidur, minimal harus empat jam sebelum tidur.

Banyak paradigma yang salah mengenai olahraga sebelum tidur. Olahraga justru akan membuat tidur gelisah, karena badan yang sakit dan bukan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

7 Cara Atasi Gangguan Susah Tidur, Nomor 1 Hampir Dilanggar Semua Orang

Bisa juga dengan mandi atau berendam air hangat sebelum tidur untuk memberikan efek relaksasi atau dengan pijat. Dan, jangan lupa untuk mengenakan baju tidur yang nyaman, tidak sempit, dan tidak panas.

"Hindari makanan yang susah diproses seperti junk food. Sebaiknya makan sayur atau buah tapi jangan yang bisa merangsang perut," ujar Astuti.

Selain makanan, minuman juga harus dijaga dan hindari yang bersifat stimulan atau membuat tidak bisa tidur. Misalnya teh, kopi, alkohol, begitu juga dengan cokelat.

Kemudian, buat kondisi kamar yang memang hanya digunakan untuk tidur. Jangan dipakai untuk menonton televisi atau bekerja. Suhunya pun harus dijaga dan jangan menaruh terlalu banyak barang.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya