Pro dan Kontra Penggunaan Kosmetik untuk Ibu Hamil

Ilustrasi kosmetik/make-up.
Sumber :
  • Pixabay/Schweiz

VIVA.co.id – Kosmetik seringkali digunakan oleh kaum wanita agar terlihat segar. Kosmetik juga digunakan untuk mempercantik penampilan.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Sebagian besar wanita bahkan tidak bisa lepas dari kosmetik, termasuk untuk beberapa wanita yang sedang mengandung. Namun banyak beredar informasi, jika penggunaan kosmetik untuk ibu hamil berbahaya. Benarkah?

Mengenai hal ini, dr Jezy Reisya dari MeetDoctor menjelaskan bahwa penggunaan kosmetik untuk ibu hamil tidak dilarang. Asalkan, harus dipastikan terlebih dahulu, tidak ada kandungan kimia berbahaya dalam produk kosmetik yang digunakan.

5 Golongan yang Wajib Membayar Fidyah, Muslim Wajib Tahu

"Penggunaan kosmetik pada ibu hamil boleh saja sepanjang tidak mengandung bahan berbahaya bagi janin dan mengganggu kehamilan," katanya pada VIVA.co.id.

Untuk menghindari efek samping dari kosmetik, lanjutnya, maka dianjurkan agar ibu hamil memastikan terlebih dahulu apakah kosmetik itu aman digunakan atau tidak dengan melihat kandungan dalam kosmetik, atau dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum pemakaian.

Bukan Cuma Gangguan Kesehatan, Ibu Hamil Perlu Hati-hati dari Gangguan Gaib Seperti Kuyang
Ilustrasi ibu hamil

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Belum lama ini beredar kisah pilu dialami oleh seorang wanita yang tiba-tiba janinnya menghilang saat hamil empat bulan. Cerita yang dibagikan akun TikTok dan trending

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024