Lima Nutrisi Penting bagi Kesehatan Mata

Ilustrasi Brokoli.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Meski selama ini wortel dikenal sebagai makanan yang bisa meningkatkan kualitas penglihatan mata, ternyata hal itu hanyalah mitos. Wortel hanya membantu mencegah penurunan kemampuan penglihatan karena usia.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Di samping itu, vitamin A ternyata bukanlah satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga agar mata terhindar dari penyakit degeneratif seperti glaukoma, katarak, atau degenerasi makula (AMD) yang berkaitan dengan usia.

Untuk menjaga mata tetap tajam, Anda perlu mengonsumsi enam jenis nutrisi  yang meningkatkan penglihatan, menurut Andrea Thau, OD, Presiden American Optometric Association (AOA).

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

Seperti dilansir dari laman Prevention, berikut lima nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin

Soal Layanan Kesehatan Mata, Menkes: Penglihatan Jadi Komponen Kunci Kualitas Hidup Masyarakat

Lutein dan zeaxanthin ialah karotenoid yang terletak di mata dan telah terbukti memiliki sifat antioksidan. Karena stres oksidatif telah dikaitkan dengan kerusakan saraf optik, dan  menimbulkan masalah untuk glaukoma, dua nutrisi ini dapat mencegah kerusakan mata lebih lanjut, menurut Glaukoma Research Foundation.

Kedua nutrisi ini kebanyakan terkandung di dalam sayuran-sayuran berwarna hijau gelap, seperti brokoli, kubis Brussel, jagung, telur, kangkung, nektarin, pepaya, dan daun selada.

Asam lemak omega-3

Tak hanya penting untuk jantung, asam lemak omega-3 ternyata juga baik untuk mata. Docosahexaenoic acid (DHA) sangat terkonsentrasi di retina, lapisan di belakang bola mata Anda yang sensitif terhadap cahaya, dan Eicosapentaenoic acid (EPA) digunakan dalam tubuh untuk memproduksi DHA.

DHA dan EPA merupakan dua rantai panjang asam lemak tak jenuh ganda milik omega-3.

Rendahnya tingkat omega-3 telah dikaitkan dengan masalah penglihatan seperti AMD, menurut AOA. Omega-3 juga merupakan anti-inflamasi alami.

Thau mengatakan, nutrisi ini juga melembapkan mata kering dan terkandung di dalam biji rami, salmon, sarden, tuna, kenari, dan masih banyak lagi.

Vitamin C

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dapat menurunkan risiko untuk mengembangkan katarak, menurut AOA. Bahkan, hampir setiap sel dalam tubuh tergantung pada vitamin C karena antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan.

Vitamin A

Vitamin ini adalah alasan bahwa wortel baik untuk mata Anda. Ia bekerja melindungi mata dalam cara yang sama yang dilakukan lutein dan zeaxanthin. Vitamin adalah antioksidan yang memerangi stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan penglihatan.

Berikut ini adalah makanan yang mengandung vitamin A, yakni aprikot, melon, wortel, mangga, paprika merah mentah, keju ricotta, bayam, dan ubi jalar.

Ilustrasi mangga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya