Pentingnya Membersihkan Alat Vital Bayi Laki-Laki

Kaki bayi.
Sumber :
  • Pixabay/Aldertree

VIVA.co.id – Saat memandikan bayi, kebanyakan orangtua melewatkan untuk membersihkan bagian alat vital bayi laki-lakinya. Padahal, jika area tersebut jarang dibersihkan, bisa memicu masalah kesehatan yang berbahaya.

Aurel Hermansyah Gak Kapok Hamil, Ingin Punya Anak Laki-laki

Salah satunya kondisi fimosis, di mana kondisi tersebut tidak hanya karena keturunan tapi juga akibat kondisi sanitasi yang buruk. Kondisi ini kerap kali membuat si kecil akan kesulitan untuk buang air kecil.

"Orangtua yang jarang membersihkan area vital anaknya, dapat membuat kotorannya menumpuk, sehingga sebabkan infeksi dan akhirnya fimosis. Saat fimosis terjadi, cairan pipis akan tertahan untuk keluar," ujar spesialis bedah, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS., di kawasan Tebet, Jakarta, Selasa 13 Desember 2016.

Aisah Dahlan Ungkap Alasan Anak Laki-laki dan Suami Selalu Tidak Menemukan Barang yang Dicarinya

Menurut dokter yang mendirikan Rumah Sunatan itu, biasanya gejala fimosis terdiri dari infeksi saluran kemih, infeksi pada kulit penis serta gangguan aktivitas seksual saat dewasa.

Tidak hanya itu, kondisi yang berkaitan dengan kebersihan penis yaitu infeksi di sekitar kulit dan kepala penis atau yang disebut balanitis.

4 Anak Laki-laki Ditangkap Setelah Perkosa seorang Gadis di Parkiran

"Biasanya hal ini terjadi saat smegma (cairan kotor) tidak dibersihkan secara rutin, lalu berkumpul dan akhirnya infeksi. Sehingga penting untuk para orangtua untuk membersihkan penis anaknya," jelasnya.

Kondisi balanitis sendiri, jika dibiarkan, akan memberikan rasa nyeri serta nampak seperti bintik kemerahan. Untuk mengatasi kedua hal tersebut, cukup dilakukan secara sederhana yaitu sunat.

"Tidak perlu operasi mahal, cukup disunat saja. Lakukan sunat yang dilakukan oleh tim medis profesional, maka membuat kondisi tersebut bisa sembuh setelah dilakukan sunat," kata dia.

Mandikan Bayi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya