Ketahui Lama Waktu Tidur Sesuai Usia

Ilustrasi lelah
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA.co.id – Berapa lama tidur yang kita butuhkan? Jawabannya adalah 'tergantung'. Tidak ada durasi tidur yang sama pada setiap orang. Tergantung pada berbagai faktor dan usia adalah salah satunya.

Walaupun Enak, Kebanyakan Tidur Ternyata Memiliki Risiko Lho

Berikut ini adalah lamanya waktu tidur yang dibutuhkan sesuai dengan usia yang dilansir laman Times of India.

Bayi 0-3 bulan

3 Langkah Bangun Tidur yang Benar

Di usia ini lamanya waktu tidur adalah 14-17 jam setiap hari. Bayi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur jauh lebih banyak dari orang dewasa untuk mendukung perkembangan mental dan fisiknya yang cepat.

Bayi 4-11 bulan

Trik untuk Jalani Deadline Pekerjaan Lebih Optimal

Durasi waktu tidur yang dibutuhkan adalah 12-15 jam sehari. Memasuki usia empat bulan, Anda akan melihat perubahan dalam pola tidur buah hati Anda. Bayi Anda akan terbangun dalam waktu yang lebih lama. Periode ini biasanya disebut dengan "regresi empat bulan".

Balita 1-2 tahun

Durasi tidur yang dibutuhkan adalah 11-14 jam setiap hari. Seiring dengan usia buah hati Anda yang memasuki masa balita, kebutuhan tidurnya akan secara perlahan menurun. Pada masa ini, mereka harus tidur lebih lama pada malam hari dibanding siang hari.

Usia prasekolah 3-5 tahun

Waktu tidur yang dibutuhkan adalah 10-13 tahun setiap hari. Anak usia prasekolah atau taman kanak-kanak yang juga tidur siang, butuh setidaknya 10-13 jam tidur pada malam hari. Durasi ini akan perlahan berkurang seiring bertambahnya usia.

Usia sekolah 6-13 tahun

Durasi waktu yang dibutuhkan adalah 9-11 jam sehari. Pekerjaan rumah dan alat elektronik membuat anak usia ini akan sibuk, jadi penting bagi mereka untuk memiliki jadwal tidur dan melakukan rutinitas tidur yang sama.

Remaja 14-17 tahun

Waktu tidur yang dibutuhkan adalah 8-10 jam sehari. Remaja cenderung memiliki pola tidur yang tidak teratur dalam satu minggu. Mereka biasanya suka terjaga hingga malam hari yang dapat mempengaruhi jam biologis dan kualitas tidur mereka.

Dewasa muda 18-25 tahun

Waktu tidur yang dibutuhkan adalah 7-9 jam sehari. Pertambahan usia yang sehat berkaitan dengan pengurangan durasi tidur yang dapat membantu menjaga kesiagaan di siang hari.

Dewasa 26-64 tahun

Durasi tidur yang dibutuhkan adalah 7-9 jam. Gugus neuron spesifik yang berkaitan dengan pengaturan pola tidur, yang disebut dengan ventrolateral preoptic nucleus, akan melambat seiring bertambahnya usia Anda. Semakin banyak Anda kehilangan sel ini, semakin sulit bagi Anda untuk tidur.

Usia lanjut 65 tahun ke atas

Sayangnya, banyak orangtua usia lanjut mendapatkan waktu tidur lebih sedikit dari yang mereka butuhkan. Penyebabnya adalah karena mereka sering mengalami kesulitan untuk terlelap. Orangtua usia lanjut membutuhkan minimal lima jam waktu tidur, meskipun idealnya durasi tidur yang dibutuhkan antara 7-8 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya