Berapakah Suhu Pendingin Ruangan yang Aman untuk Bayi?

Kaki bayi.
Sumber :
  • Pixabay/Aldertree

VIVA.co.id – Pendingin ruangan memang menjadi solusi praktis ketika cuaca panas tiba. Saat ini bahkan penggunaan pendingin ruangan atau AC juga ditempatkan di kamar bayi. Tapi, apakah penggunaan AC aman bagi bayi?

Gara-gara Ribut, Gadis 13 Tahun Bunuh Ibu Kandung

Dokter spesialis anak dari Rumah Sakot Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr. Isabella Riandani, Sp.A menjelaskan, penggunaan AC untuk ruangan bayi sebaiknya disesuaikan dengan kenyamanan bayi.

"Untuk bayi baru lahir suhu yang nyaman adalah antara 27 atau 28 derajat celcius. Tapi, kalau bayi menjadi kedinginan sebaiknya ditinggikan lagi suhunya," kata dr. Isabella saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta beberapa waktu lalu.

Terkuak! Masa Lalu Nikita Mirzani dan Lolly, Ternyata Didikannya Begini

Namun, yang terpenting yang juga harus dilakukan adalah pastikan untuk selalu menjaga kebersihan AC. Rutin lakukan service untuk membersihkan dari kotoran setidaknya 2-3 bulan sekali.

Kemudian, lanjut dr. Isabella, jangan menempatkan anak terus-menerus dalam ruangan AC. Sesekali ajaklah berjalan-jalan keluar rumah, untuk berjemur dan kegiatan lainnya.

Polisi Ungkap Penyebab Kematian Ibu dan Anak Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

"Menjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Yang paling baik adalah sinar matahari sebelum jam 9 pagi," kata dr. Isabella.

Selain itu, sebaiknya AC juga dimatikan bila tidak dipakai untuk memperbaiki sirkulasi udara dalam ruangan. Suhu yang dingin terlalu lama juga tidak baik karena udara bisa menjadi kering. Suhu dingin karena AC juga membuat ruangan lembap sehingga debu akan berputar di dalam ruangan saja.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya