Manfaat Obat Biosimilar, Sembuhkan Penyakit Kronis

Ilustrasi Ramuan Obat Herbal
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA.co.id – Obat biosimilar merupakan perkembangan dari obat biologikal (berasal dari alam). Obat jenis ini diklaim mampu memberikan banyak manfaat, salah satunya sembuhkan kanker.

Gak Perlu Obat, Tekan Sejumlah Titik Ini agar Tak Mabuk saat Mudik

Keuntungan dari obat biosimilar, tercatat sangat beragam, mulai dari efek sampingnya yang minim serta menjadi obat esensial seperti insulin dan estrogen. Bahkan, tercatat menjadi pengobatan untuk penyakit kronis.

"Banyak penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan obat kimia tapi bisa sembuh oleh obat biosimilar. Salah satunya mengurangi nyeri akibat kanker bahkan mematikan pertumbuhan sel kanker itu sendiri," ujar Direktur Pengembangan Bisnis PT. KALBE, Sie Djohan, di Pabrik Kalbe, Cikarang, Bekasi, Selasa 20 Desember 2016.

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Menurutnya, tren obat yang berasal dari alam ini, mulai berkembang sejak sepuluh tahun silam. Di mana, obat jenis ini juga mampu memperbaiki kualitas hidup masyarakat saat ini. Bahkan, obat biosimilar akan dikembangkan menjadi lebih personal bagi tiap individu.

"Artinya, tiap orang akan diperiksa dulu gen apa yang dirusak oleh penyakitnya, penyebabnya apa lalu obatnya bisa disesuaikan dengan target kerusakan. Jangan sampai seperti yang banyak terjadi saat ini, individu tidak cocok dengan obatnya yang telah dikonsumsi," lanjutnya.

MA Amerika Serikat Batasi Peredaran Pil Aborsi

Dengan manfaatnya yang begitu baik, obat jenis biosimilar ini, memiliki harga jual yang tidak lebih murah dari obat-obat kimia. Obat biosimilar juga, hingga saat ini, masih bersifat pelengkap dalam mengobati penyakit.

"Karena belum banyak perkembangannya, jadi sifatnya masih cenderung melengkapi obat-obatan generik yang saat ini beredar di pasaran," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya