Rutin Konsumsi Cuka Apel Bisa Bikin Panjang Umur

Ilustrasi cuka
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id –Ramuan yang mudah ditemukan di supermarket maupun toko kesehatan ini diyakini para ahli bisa menjadi ramuan yang ampuh dan bermanfaat dari semua cairan asam yang ada.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa konsumsi sebotol cuka sari apel sehari dapat membuat Anda hidup lebih lama.

Cuka sari apel sudah lama diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, meredakan radang sendi, dan membantu menurunkan berat badan.

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Dan para ahli nutrisi sudah memastikan bahwa konsumsi sari cuka apel dalam jumlah banyak memiliki manfaat kesehatan yang luas lagi ini tidak memberikan dampak tertentu.

Bersama dengan pektin, beta karoten dan kalium yang ditemukan dalam apel, enzim dan asam amino terbentuk selama proses fermentasi.

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Dilansir laman Daily Mail, kalium diketahui dapat mendorong pertumbuhan sel, jaringan, dan organisme, sedangkan enzim dapat membantu meningkatkan reaksi dalam tubuh.

Cuka apel juga mengandung kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang, akan mengirimkan impuls saraf dan mengatur kontraksi otot. Selain itu, zat besi yang penting bagi kesehatan tulang, dan magnesium yang menjaga kesehatan jantung, juga ditemukan dalam cuka apel.

Para ahli mengatakan bahwa cuka apel juga bisa digunakan untuk membantu pencernaan dengan membuat perut memproduksi asam hidroklorik.

Ada pula kandungan asam alami yang disebut polifenol dan zat kimia berwarna cokelat yang disebut dengan melanoidins, yang dapat membunuh bakteri berbahaya, terdapat dalam cuka apel.

Sebuah penelitian di bulan Oktober juga menemukan bahwa mengonsumsi cuka apel setiap hari dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Sejumlah peneliti di Aston University menemukan bahwa meminum hanya 30 ml saja cuka apel yang dicampur dengan air setiap hari dapat memangkas kadar kolesterol hingga 13 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya