Obat Jadi Aspek Keluhan Terbesar Pasien BPJS

Dengan adanya edukasi pengenalan warna obat, membuat peluang tertukarnya obat menjadi menurun.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Hadirnya BPJS memang mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat Tanah Air. Sayangnya, sebagian besar masyarakat mengeluhkan kebutuhan obat yang sulit ditemukan usai berobat.

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ajak Pemudik Mampir ke Posko Mudik BPJS Kesehatan

Menurut guru besar bidang ekonomi kesehatan FKM UI, Prof. dr. Hasbullah Thabrany, kesulitan menjangkau obat-obatan yang dikeluhkan pasien, diakibatkan oleh kompleksitasnya jalur distribusi obat. Aspek obat saat ini, menjadi yang paling utama dikeluhkan oleh pasien di BPJS.

"Aspek keluhan terbesar dari peserta JKN adalah obat yang jarang ada. Masalah distribusi obat ini terjadi karena urusannya dengan tender e-catalog, kemenkes, rumah sakit, serta dokter dan apoteker yang belum tentu sepemikiran," ujar Hasbullah, di acara Wajah Pelayanan Obat JKN, di kawasan Kasablanka, Kamis, 22 Desember 2016.

Transformasi Digital Dinilai Memuaskan, BPJS Kesehatan Dianugerahi Penghargaan Istimewa

Bentuk kesulitannya tergambar dari rantai penyaluran obat yang begitu panjang dan rumit. Hal itu berkaitan dengan tender e-catalog dan distributor obat ke rumah sakit yang masuk dalam BPJS.

"Kesepakatan harga tender yang gagal di awal tahun, menjadi faktor yang sangat berpengaruh. Kemudian, delay penyaluran obat dari distributor juga sangat lama," lanjutnya.

Lewat Skrining Riwayat Kesehatan, Generasi Milenial ini Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan

Oleh karena itu, Hasbullah berharap, mereka yang menjadi pemasok aktif obat, sebaiknya segera memiliki kesadaran untuk meningkatkan kinerjanya di lapangan. Dengan demikian, setidaknya bisa menurunkan angka keluhan pasien terkait penyaluran obat yang masih sulit ditemukan.

"Harapan di 2017, paling tidak ada penurunan keluhan pasien terhadap obat sebesar 10 persen. Memang tidak bisa langsung 100 persen terjadi, tapi setidaknya perlahan-lahan," kata dia.

Operasi Katarak, Juling dan Implan Glaukoma di JEC Eye Hospitals Group

Berbagi Kebaikan Ramadhan, JEC Hadirkan Layanan BPJS Kesehatan dan Operasi Katarak-Juling Gratis

Tanpa ada pembeda dengan pasien reguler, pasien peserta BPJS kesehatan akan mendapatkan penanganan dari dokter spesialis mata profesional yang tentunya berpengalaman.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024