Air Rebusan Ubi Jalar Diklaim Bisa Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Ubi Jalar
Sumber :
  • Pixabay/ saint1533

VIVA.co.id – Menurunkan berat badan dan diet mungkin sulit dilakukan oleh beberapa orang. Itulah sebabnya berbagai metode dan tips seputar penurunan berat badan banyak bermunculan. Tapi pernahkah Anda mendengar bahwa sisa air rebusan dari ubi jalar juga ampuh untuk menurunkan berat badan?

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Ubi jalar ialah satu makanan paling dikenal untuk membantu dalam penurunan berat badan. Makanan ini efektif membakar lemak terutama di area pinggang. Selain itu, beberapa studi menyebutkan bahwa air yang digunakan dalam memasak ubi jalar juga membantu dalam menurunkan berat badan.

Menurut BelMarra Health, endapan tepung yang tersisa di dalam air setelah memasak ubi jalar lah yang berkhasiat memangkas berat badan.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Berdasarkan studi praklinik pada tikus, ditemukan bahwa berat badan tikus menurun setelah satu bulan mengkonsumsi air rebusan ubi jalar. Hasil dari percobaan itu sangat berhubungan dengan peptida yang ditemukan dalam air rebusan ubi jalar tersebut, yang memegang rahasia dalam pencernaan lemak.

Meski efektif, namun penelitian ini belum diterima sepenuhnya oleh bidang ilmiah dan ahli lainnya. Sejumlah tes belum benar-benar dilakukan dengan subjek manusia untuk membuktikan efektivitas dalam melarutkan lemak. Akibatnya, meskipun kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut dengan air sisa dari ubi jalar, para ahli percaya bahwa ubi jalar itu sendiri dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

Dengan mengonsumsi ubi jalar satu buah akan mengalami penurunan berat badan. Selain itu, dengan mengkonsumsi jumlah yang wajar dari makanan seperti itu, juga bisa mengontrol gula darah dan juga bisa mencegah lonjakan gula darah. Hal ini juga dianggap sebagai zat yang bisa membantu mengontrol rasa lapar karena kandungan serat yang melimpah.

Ilustrasi beraktivitas di bulan puasa

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Olahraga saat puasa dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan stamina, menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengontrol berat badan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024