Pentingnya Memberi Pujian Pada Anak

Ibu dan anak.
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA.co.id – Setiap anak dilahirkan unik dengan karakter dan kebiasaan yang berbeda satu sama lain. Bahkan anak kembar sekalipun, tidak segala hal dalam diri mereka memiliki kesamaan.

4 Artis K-Pop yang Orang Tuanya Terlibat Skandal Penipuan

Seiring pertumbuhannya, anak juga bisa mengalami perubahan termasuk dalam karakternya. Jika Anda melihat si kecil begitu aktif dan percaya diri tampil di depan banyak orang, ketika semakin besar bisa saja dia berubah menjadi lebih pendiam dan pemalu.

Melihat perubahan ini, kata dokter spesialis anak dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A(K), orangtua tidak perlu terlalu khawatir lalu berusaha keras mengubah kepribadiannya seperti semula.

Ini Alasan Kenapa Orangtua Harus Mendidik Sendiri Anaknya

"Anak, ada yang pemalu dan berani. Kita harus ingat bahwa setiap anak adalah unik. Tidak bisa dipaksakan untuk berani tampil terus dari kecil sampai besar," kata Herbowo ditemui di Plaza Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Dengan karakter masing-masing yang dimiliki anak, yang perlu orangtua lakukan adalah membantu eksplorasi secara dua arah. Karena dalam mengeksplorasi anak tidak bisa jalan sendiri, mereka membutuhkan dukungan.

Ini yang Harus Dilakukan Orangtua Jika Anak Alami Kegagalan

Dukungan di sini artinya, kata Herbowo, adalah ketika anak melakukan hal positif, berikan mereka pujian. Inilah yang seringkali dilupakan oleh orangtua. Saat anak berbuat salah, tidak berani tampil di depan, orangtua menjadi marah. Tapi, di saat anak melakukan satu hal baik, orangtua membiarkan begitu saja tanpa ucapan pujian sama sekali.

Herbowo melanjutkan, pujian dapat membuat anak termotivasi untuk mengeksplorasi lebih lagi. Lalu, orangtua bantu mengarahkan. Dengan begitu, anak pun akan menumbuhkan kepercayaan pada orangtua.

"Akan lebih kesulitan lagi kalau anak sudah mulai ABG, mereka pasti hidup sama teman dan akan sulit bagi kita bantu eksplorasi. Kalau kita tidak bantu nanti malah jadi eksplorasi yang salah," ujar Herbowo.

Karenanya, orangtua harus dapat membangun kepercayaan anak agar bisa membantu anak mengeksplorasi karakternya secara bersama-sama. Caranya adalah dengan memberi pujian tadi. Jika tidak, maka mereka akan mencari pujian di luar. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya