Benda-benda Paling Kotor yang Disentuh Setiap Hari

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Siapa yang menduga, ternyata toilet duduk bisa menjadi tempat paling bersih di kamar mandi. Seorang profesor mikrobiologi di University of Arizona, Charles Gerba, mengungkapkan toilet duduk adalah tempat yang paling sering orang bersihkan.

6 Fakta Penting Bakteri Strep A, Infeksi Langka Sebabkan Anak-anak Meninggal Dunia

Gerba juga membeberkan beberapa objek atau area di rumah yang paling banyak kuman. Dia berharap, dengan mengungkapkan hal ini, semua orang bisa memikirkan kembali tempat-tempat atau benda yang diabaikan ketika membersihkan rumah.

Contohnya adalah handuk yang tergantung di samping wastafel kamar mandi Anda. "Bakteri suka tumbuh di kondisi yang basah dan lembap," kata Gerba seperti dikutip laman TIME.

Kasus COVID-19 Melejit, Zona Merah di Kendal Tambah Jadi 5 Kecamatan

Handuk dibuat untuk menyerap air, jadi sangat baik digunakan untuk mengeringkan kulit Anda. Tapi, bukan benda yang baik ketika membicarakan tentang inkubasi bakteri. "Banyak orang tidak mencuci tangan mereka dengan benar," kata Gerba.

Jadi, ketika Anda meraih handuk, Anda menempelkan bakteri ke dalam lingkungan yang ideal untuk pertumbuhannya. Dan sangat sedikit orang yang tergerak untuk mencuci handuk lebih dari sekali setiap satu atau dua minggu.

Tips Menggunakan Disinfektan untuk Benda Berbahan Kain

Gerba mengatakan, Anda harus mencuci semua handuk, termasuk yang Anda gunakan untuk mandi, setelah digunakan dua hari.

Benda kamar mandi lain yang bisa menjadi sarang kuman adalah spons di wastafel cuci piring. Bahkan, benda itu merupakan yang paling kotor di dalam rumah. "Spons bisa menjadi sarang bagi jutaan bakteri," kata Gerba.

Anda juga harus mencuci peralatan dapur seperti sikat ke dalam mesin cuci piring atau menggunakan disinfektan. Sama halnya dengan talenan. Menurut Gerba, kebanyakan orang hanya membilas atau mengelapnya saja. Padahal, jika tidak dicuci atau digosok dengan baik menggunakan sabun, benda itu tidak akan bersih.

Selain itu, benda paling kotor yang selalu Anda sentuh adalah ponsel. Sejumlah penelitian menemukan bahwa satu dari enam ponsel terkontaminasi kotoran feses, meskipun mengelap dengan disinfektan cukup membersihkan residu kotoran itu.

Ketika Anda pergi ke supermarket, perhatikan kereta belanja Anda. Gerba mengungkapkan, hampir 100 persen kereta belanja menjadi sarang E.coli karena orang sering menyentuh pegangannya setelah memegang produk makanan mentah.

Dia juga mengatakan kalau kantung belanja yang digunakan ulang juga sangat kotor, karena orang jarang mencucinya.

Selain benda di atas, daftar benda kotor lainnya adalah tali sepatu, dompet, kunci mobil, keyboards, dan masih banyak lagi. Jangan pernah kehabisan dan selalu simpan bahan kimia pembersih kuman. Serta seringlah membersihkan tangan Anda ketika keluar rumah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya