Kenali Bahaya Meningitis Pada Anak

Ilustrasi anak sakit.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bahaya meningitis bisa menyebar ke berbagai usia, khususnya usia kanak-kanak. Sayangnya, banyak orangtua yang belum memahami seluk beluk penyakit berbahaya ini.

Dua Orang Tewas Akibat Infeksi Jamur Otak Usai Jalani Oplas Murah

Bakteri meningitis dapat menyebar melalui hidung dan tenggorokan. Bahayanya lagi, bakteri akan berjalan menuju peredaran darah dan menyebabkan pembengkakkan di selaput otak, meninges. Semua kalangan dapat terserang meningitis, namun bayi, remaja dan dewasa muda memiliki risiko yang sangat tinggi.

Gejala-gejala meningitis sendiri mencakup demam, mual, muntah, sensitif pada cahaya, kebingungan, sakit sendi, kaku leher, dan kemerahan di beberapa tempat. Selain itu, jika pembengkakkan semakin melebar di area otak, akan menyebabkan kerusakan hingga hilang pendengaran.

Syarat Haji, Kemenkes Terbitkan Sertifikat Vaksin Meningitis di Aplikasi Ini

Sebagian lagi, dapat terserang kelainan penyakit atau cedera otak dan perkembangan serta masalah intelektual. Meningitis sendiri menyebabkan tiga hingga 10 persen kematian pada anak.

Padahal, meningitis dapat dicegah. Menurut anggota American Academy of Pediatrics Committee pada penyakit infeksi, dr. Michael Brady, imunisasi bisa dilakukan sejak dini agar menurunkan risiko perkembangan meningitis pada anak.

Idap Sinusitis Kronis, Ashanty Segera Jalani Operasi

Menurutnya, imunisasi yang direkomendasikan pada anak yaitu vaksin Hib, pneumpcoccus dan meningococcal dengan tipe A, C, W, dan Y. Para orangtua yang melihat gejala meningitis pada anak dan merasa belum memberikan vaksin, segera bawa si kecil ke ruang gawat darurat.

"Bakteri meningitis sangat mampu dicegah. Namun jika si kecil belum juga divaksin, sebaiknya segera awasi," ujar dr. Brady, dikutip dari laman Fox News.

ilustrasi operasi plastik

Two Died from Fungal Brain Infection Linked to Cheap Plastic Surgery

Two Americans have died from suspected fungal infections in their brains and spinal cords after traveling to Mexico for cheap plastic surgery.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2023