Kurang Kasih Sayang Picu Baby Blues Usai Melahirkan

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menjalani masa kehamilan hingga melahirkan, ialah saat paling bahagia sekaligus paling mendebarkan bagi calon ibu. Terlebih pada kehamilan pertama.

5 Pahala dan Keistimewaan untuk Wanita Hamil dalam Agama Islam

Proses mengandung selama sembilan bulan, hingga proses kelahiran yang berisiko kehilangan nyawa, membuat ibu yang tengah mengandung butuh perhatian dan kasih sayang ekstra. Terutama dari suami dan orang tercinta.

Seorang ibu hamil yang kurang kasih sayang, menurut Bona Sardo Hutahaean,M.Psi, Psikolog dari Universitas Indonesia, justru bisa mengalami depresi, yang juga berpengaruh kepada tingkat pertumbuhan bayi.

Unik dan Menarik, 12 Tradisi Valentine dari Penjuru Dunia

"Kalau wanita hamil ada efeknya ketika melahirkan kemungkinan munculnya post depresion atau biasa dikenal dengan baby blues," kata Bona saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Kamis 12 Januari 2017.

Ketika tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang cukup selain mengalami depresi, seorang ibu juga akan memiliki ketakutan untuk mengurus anak sendiri.

Mengapa Hari Valentine Sangat Identik dengan Cokelat? Ini Faktanya

"Ketika tidak dapatkan (kasih sayang) dia akan menjadi ketakutan dan enggan mengurus anaknya atau dalam tanda kutip membuang anaknya, jadi sangat penting sekali untuk ibu hamil apalagi ketika mau melahirkan," ujarnya menjelaskan.

(mus)

Pose Nikita Mirzani bersama Rizky Irmansyah

Nikita Mirzani Ungkap Pernah Dibuat Menangis Bahagia Semalaman oleh Rizky Irmansyah

Nikita Mirzani menjelaskan bahwa ia menangis semalaman hingga pagi karena hari ulang tahunnya bertepatan dengan bulan Ramadhan 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024