Diet Mediterania untuk Kesehatan Mental Penderita HIV

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengonsumsi makanan dengan metode diet mediterania, ternyata dapat meningkatkan kesehatan mental pada pasien dengan HIV positif dan diabetes tipe 2. Penelitian telah membuktikan diet ini.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Diet mediterania ialah diet yang kaya buah-buahan segar dan sayuran, protein tanpa lemak, tinggi lemak sehat, dan juga rendah gula.

Orang dengan diabetes yang mengonsumsi makanan bergizi menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik, dan kurangnya angka kejadian rawat inap. Mereka juga mengonsumsi lebih sedikit gula dan menurunkan berat badan.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Kami melihat perbaikan yang signifikan dalam keamanan pangan dan hasil yang berkaitan dengan semua tiga mekanisme yang memengaruhi HIV dan kesehatan diabetes, kesehatan mental, dan perilaku," kata Kartika Palar, asisten profesor di University of California, San Francisco (UCSF), AS.

Diet mediterania mampu memenuhi 100 persen dari kebutuhan kalori harian untuk orang yang hidup dengan HIV dan diabetes tipe 2.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Para pasien juga memiliki gejala depresi ringan dan minimnya risiko untuk mabuk-mabukan. Bagi mereka dengan HIV, terapi antiretroviral juga meningkat 47-70 persen. Studi ini diunggah secara online dalam Journal of Urban Health, seperti dilansir laman Indianexpress.

dokter Boyke

Dokter Boyke Ungkap Gaya Bercinta Ini Nikmat Tapi 100 Kali Berisiko Tularkan HIV/AIDS

Gaya bercinta ini, meski disukai pria namun dilarang dalam Islam. Bahan dari sisi medis bisa membahayakan kesehatan. Gaya bercinta seperti apa yang dimaksud?

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024