Minim Fasilitas Kemo, Sulit Tekan Angka Penderita Kanker

Stetoskop dokter
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Di seluruh dunia saat ini tercatat, delapan juta orang meninggal setiap tahun akibat kanker. Bahkan, angka kematian tersebut bisa saja terus bertambah, jika perawatan terhadap pasien terlambat ditangani.

Ungkap Idap Kanker, Kate Middleton: Suami dan Anak-Anak Adalah Sumber Kekuatan Saya

Menurunkan angka penderita kanker tidak hanya fokus pada program deteksi dini kanker. Namun, salah satu yang turut menjadi perhatian yaitu masih minimnya fasilitas terhadap penanganan kanker.

"Meski sudah di deteksi dini, masalah yang juga hadir di kasus kanker yaitu fasilitas di rumah sakit. Fasilitas-fasilitas untuk penanganannya masih sangat memprihatinkan," ujar spesialis kanker anak, Prof. dr. Djajadiman, Sp.A, dalam Hari Kanker Sedunia, di Kemenkes RI, Jakarta, Rabu 1 Februari 2017.

Didiagnosis Kanker Pasca Operasi, Kate Middleton Jalani Kemoterapi

Dilanjutkannya, pasien yang sudah terdiagnosa kanker, harus secepatnya diberi penanganan, salah satunya kemoterapi. Sayangnya, fasilitas kemoterapi jumlahnya masih sangat minim, sehingga pasien harus mengantre cukup lama.

"Orang kanker itu berpacu dengan penyakit. Tapi untuk menerima kemo itu, pasien harus nunggu dan antri, karena tempatnya yang masih sangat kurang. Maka kemungkinan sembuhnya menurun," jelasnya.

Kate Middleton Umumkan Idap Kanker

Adapun faktor lain yang turut memicu para pasien kanker kesulitan untuk sembuh, yaitu ketersediaan obat. Disebut Djaja, obat legal yang terbukti mampu menyembuhkan kanker, masih sangat jarang tersedia.

"Obat-obatan lain sebenarnya masih ada, tapi beberapa obat yang sangat diperlukan tidak ada di Indonesia dan tidak masuk secara resmi. Sehingga kadang kita sangat sulit mendapatkanya."

Kate Middleton umumkan idap kanker

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

"Operasi saya berhasil. Namun tes pasca operasi menunjukkan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis menyarankan agar saya menjalani kemoterapi preventif," kata Kate.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024