Menkes: Suntik Meningitis Haji Umrah Kini Bisa di Mana Saja

Vaksin Meningitis
Sumber :
  • ANTARA/ Feny Selly

VIVA.co.id – Meningitis merupakan penyakit yang mudah ditularkan melalui air liur atau udara. Sehingga, pemberian imunisasi berupa suntik vaksin meningitis, wajib hukumnya bagi yang ingin bepergian ke luar negeri.

Dua Orang Tewas Akibat Infeksi Jamur Otak Usai Jalani Oplas Murah

Salah satunya, pemberian vaksinasi meningitis pada jemaah haji. Pemberian suntikan vaksin tersebut harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan ke luar Indonesia.

Peraturan Menteri Kesehatan RI sendiri mengharuskan pemberian Vaksinasi Meningitis untuk jemaah haji dan umrah, dilakukan di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) bandara. Namun kini, Menkes Nila F.Moeloek menuturkan, suntik meningitis tidak harus di KKP tersebut.

Syarat Haji, Kemenkes Terbitkan Sertifikat Vaksin Meningitis di Aplikasi Ini

"Suntik meningitis sekarang sudah bisa di fasilitas kesehatan lain, tidak mesti yang hanya di bandara dan pelabuhan," ujar Nila, di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Jumat 10 Februari 2017.

Menurutnya, vaksinasi meningitis pada jemaah haji dan umrah, tidak lagi terbatas. Kini Nila memberi kesempatan pada hampir semua fasilitas kesehatan di tempat lain untuk memberikan pelayanan tersebut.

Idap Sinusitis Kronis, Ashanty Segera Jalani Operasi

Perlu diketahui, selama berhaji, kemungkinan terjadi kontak dan perpindahan bakteri sangat besar. Individu yang tidak divaksin, bisa saja membawa bakteri dan virus meningitis, untuk kemudian ditularkan ke populasi lebih besar. Untuk itu, pemberian imunisasi penting dilakukan, minimal 10 hari hingga dua minggu agar tubuh membentuk antibodi secara cukup.

ilustrasi operasi plastik

Two Died from Fungal Brain Infection Linked to Cheap Plastic Surgery

Two Americans have died from suspected fungal infections in their brains and spinal cords after traveling to Mexico for cheap plastic surgery.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2023