Konsumsi Kacang-kacangan Perlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kacang-kacangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengonsumsi kacang-kacangan seperti hazelnut, walnut, almond dan pistachio mungkin tidak hanya berkontribusi untuk diet yang sehat, tetapi juga memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko kanker usus besar, seperti dibuktikan sebuah studi.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Studi yang dipimpin oleh peneliti dari University of Jena di Jerman menunjukkan bahwa kacang memiliki efek positif pada kesehatan, karena terlibat dalam mengaktifkan pertahanan tubuh untuk detoksifikasi spesies oksigen reaktif.

Spesies oksigen reaktif diciptakan oleh radiasi ultraviolet, berbagai bahan kimia atau metabolit makanan yang berbeda dan dapat menyebabkan kerusakan DNA, yang mengarah ke perkembangan kanker.

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Namun, kacang-kacangan dan zat yang dikandungnya, merangsang serangkaian mekanisme pelindung dalam tubuh manusia untuk membuat spesies oksigen reaktif ini menjadi tidak berbahaya, menurut Wiebke Schlormann dari University of Jena.

"Sekarang kami telah mengetahui bahwa kacang penuh zat yang baik untuk jantung dan sistem kardiovaskular, atau yang melindungi terhadap menjadi kelebihan berat badan atau diabetes," ujar Schlormann menambahkan.

5 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Dapat Menjaga Gula Darah Stabil

Studi yang telah diterbitkan di jurnal Molecular Carcinogenesis itu juga telah menunjukkan kacang memiliki efek perlindungan terhadap kanker usus besar.

Untuk penelitian ini, tim menyelidiki efek dari lima jenis kacang, yaitu kacang macadamia, hazelnut, kenari, almond dan pistachio. (ren)

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Kulit adalah salah satu organ terbesar tubuh kita dan merupakan perlindungan utama terhadap lingkungan luar. Namun, ada beberapa makanan yang memengaruhi kulit seseorang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024