Tipe Darah Pengaruhi Kesembuhan Suatu Penyakit

Pengecekan golongan darah
Sumber :
  • Antara/ Arief Priyono

VIVA.co.id – Tubuh memiliki berbagai tipe darah yang berbeda. Ternyata, tiap jenis tipe darah yang dimiliki, mampu menangkal berbagai serangan penyakit.

Pameran Kesehatan Siap Digelar, Bisa Cek Kolesterol Hingga Golongan Darah Gratis

Di dunia, terdapat empat tipe darah yakni A, B, AB , dan O. Keunikan dari masing-masing tipe darah, sangat berbeda. Jenis tipe darah tertentu, diyakini dapat membuat Anda bertahan dari serangan penyakit.

Dilansir dari laman Medical Daily, sel darah merah juga turut mengandung antigen. Saat tubuh memiliki antigen A atau B, pasti dimiliki oleh mereka yang memiliki tipe A, B , dan AB, serta tidak sama sekali pada tipe darah O.

Ahli Temukan Golongan Darah P, Hanya Satu dalam Sejuta

Antigen A atau B ternyata memiliki peran terhadap bagaimana sistem imun merespons pada serangan penyakit. Di mana, mereka yang menentukan, sel mana yang harus mampu menyerang penyakit dan sel mana yang cukup diam dan beristirahat.

Sayangnya, antigen A dan B juga sangat mudah diserang oleh penyakit malaria. Kondisi tersebut disebabkan oleh aliran darah yang terhambat, sehingga membuat kerja sistem imun semakin meningkat. Hal ini yang membuat penyakitnya semakin berbahaya.

Ganjar: Ternyata Darah Saya Merah, Bukan Biru

Maka, pada kasus malaria ini, tipe darah O sangat beruntung, untuk mampu mempercepat kerja sistem imun dalam menyembuhkannya.

Namun, tidak demikian dengan penyakit kolera. Sebab, antigen A dan B dapat bekerja dengan baik, saat kolera menyerang sistem pencernaan di tubuh.

Makanan diet

Tips Diet Golongan Darah Menurut Dokter Peter J D'Adamo, Dijamin Lebih Efektif

Diet menurut golongan darah telah menjadi topik yang cukup kontroversial dalam dunia kesehatan dan gizi. Konsepnya berasal dari sebuah buku karya Peter J. D'Adamo.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024