Cara Tepat Redakan Nyeri Usai Olahraga

Jalan Santai
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Biasanya, pertama kali berolahraga, akan terasa nyeri di beberapa bagian otot. Studi terbaru menemukan, kondisi tersebut bisa diredakan.

Rasakan Sakit di Dua Tempat Ini Bisa Jadi Tanda Infeksi Omicron

Menurut peneliti dari University of Queensland, telah ditemukan mekanisme protektif yang dapat menurunkan kerusakan otot manusia usai berolahraga. Para peneliti telah melakukan penelitian pada jaringan otot manusia, yang diuji dalam waktu 24 hingga 48 jam usai berolahraga.

Dikutip dari laman Medical Daily, hasil biopsi ini menemukan kesimpulan, bahwa membran otot memiliki sistem yang berpotensi mengubah struktur secara dramatis. Saat seseorang melakukan olahraga kembali setelah vakum dalam waktu lama atau berolahraga lebih keras dari biasanya, kadar kalsium mengalami peningkatan, dan hal ini yang menyebabkan kerusakan pada otot.

Jangan Kecolongan! Ini Tips Mudah Atasi Ketika Rasakan Nyeri Otot

Namun, peneliti turut menemukan adanya kantong kecil di dalam serat otot, disebut dengan vakuola, yang menyerap kalsium, dan menurunkan risiko rasa sakit. Di titik ini, peneliti sadar, bahwa vakuola mampu menjadi mekanisme penurun rasa sakit usai berolahraga.

Berdasarkan hasil studi ini, peneliti menyarankan beberapa cara untuk menurunkan rasa sakit usai berolahraga. Misal, melakukan stretching atau peregangan sebelum berolahraga, untuk cegah rasa sakit seusainya.

Gejala Baru Omicron Terdeteksi, Batuk Kering Disertai Mialgia

Selain itu, dianjurkan juga konsumsi protein sebelum dan sesudah berolahraga. Sebab, protein efektif untuk cegah rasa sakit usai berolahraga. Kemudian, direkomendasikan juga untuk berendam menggunakan air dingin, agar meredakan rasa nyeri setelah berolahraga, serta minum air mineral yang cukup. (ms)

Mata

Tanda di Mata ini Bisa Memberitahu Ada Tumor Ganas di Tubuh

Gejala tumor ganas di paru-paru adalah penglihatan kabur, kehilangan penglihatan, sakit mata dan floaters.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2022