Vape Sumbang Masalah Gangguan Kesehatan pada Perokok Pemula

Rokok Elektrik di Perancis
Sumber :
  • REUTERS/Christian Hartmann

VIVA.co.id – Tidak ada yang memungkiri bahaya rokok. Kandungannya yang berbahaya, memberi dampak buruk untuk tubuh. Terlebih, rokok juga menjadi penyumbang terbesar pada kasus kanker paru.

Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa

"Di RS persahabatan, penderita kanker paru itu 85 persen dari perokok. Belum lagi penelitian yang lain yang memaparkan bahaya rokok," ujar Direktur Penyakit Tidak Menular, dr. Lily Sulistyowati MM, kepada VIVA.co.id.

Perkembangan rokok tembakau menjadi elektrik atau yang dikenal dengan vape, juga turut menyumbangkan risiko gangguan kesehatan. Bahkan, rokok elektrik tersebut, dipercaya menargetkan perokok pemula.

Mengerikan, Ini 9 Bahaya Vape Liquid Ganja yang Perlu Diketahui

"Ini upaya industri menciptakan usaha agar produknya digandrungi banyak orang. Di sini juga, perokok pemula yang menjadi targetnya," jelas Lily.

Dilanjutkannya, bukti bahwa penggunaan vape memang sengaja ditargetkan pada perokok pemula, telah terjadi di Amerika Serikat. Sehingga, tidak menutup kemungkinan, Indonesia juga memiliki bahaya yang sama.

5 Fakta Selebgram Chandrika Chika Jadi Tersangka Kasus Narkoba

"Justru di Amerika, perokok pemula menjadi meningkat karena hadirnya vape ini. Penyebabnya itu tadi, coba-coba karena banyak yang bilang tidak berbahaya, padahal lama-kelamaan menimbulkan adiksi," tegas Lily.

Chandrika Chika

Dipenjara karena Narkoba, Chandrika Chika Ngaku Salah Pilih Teman

Selebgram Chandrika Chika akhirnya dijenguk oleh keluarganya di tahanan akibat terjerat kasus narkoba. Sebelumnya, Chandrika Chika beserta 5 orang teman diringkus polisi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024