Lepas Bra Saat Tidur Baik Bagi Kesehatan, Fakta atau Mitos

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Banyak perdebatan yang muncul mengenai mana yang lebih baik, melepas atau tetap memakai bra ketika tidur.

Hamil Enam Bulan, Wanita Cantik Ini Simpan Sabu dalam Bra

Namun, di samping karet dan kawat bra yang menyakitkan, Dr Seth Rankin mengatakan bahwa tidur dengan menggunakan bra bisa berakibat buruk pada kesehatan Anda.

Meski menekankan penggunaan bra saat tidur memiliki efek sedikit hingga tidak ada pada bentuk payudara, tapi Dr Rankin mengatakan bahwa bahan bra bisa menghambat kelenjar getah bening.

Wanita, Yuk Ketahui Waktu Tepat Ganti Pakaian Dalam

"Saat Anda tidur telentang, efek dari gravitasi akan mendorong jaringan payudara ke dada, daripada menurun ke arah kaki," jelas Dr Rankin seperti dikutip The Independent.

Jadi, lanjutnya, menggunakan bra, di mana tujuannya adalah menyokong payudara dari bawah, adalah hal mubazir ketika tidur karena payudara akan secara alamiah menekan ke dada.

Terungkap, Ukuran Payudara yang Bisa Bikin Wanita Bahagia

Dr Rankin kembali menjelaskan, menggunakan bra saat tidur dapat mempengaruhi kelenjar getah bening. Karena, bra yang ketat akan menghambat aliran getah bening ke banyak tumpukan getah bening yang penting di sekitar payudara dan ketiak.

"Sehingga menghambat sistem fungsi vital dari pembuangan sampah beracun dari tubuh," katanya.

Sejumlah ahli lain juga membenarkan hal ini. Profesor Mokbel telah memperingatkan para wanita mengenai bahaya menggunakan bra yang sangat ketat.

"Menggunakan bra ketat ketika tidur dapat mempengaruhi fisiologi dari payudara. Bra tersebut bisa mengganggu aliran darah dan saluran pembuangan limpatih, di mana, jika memburuk, dapat menyebabkan peradangan kronis, edema dan ketidaknyamanan," katanya. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya