Telur Busuk Sebabkan Kebutaan? Ini Penjelasannya

Telur berisi telur.
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id – Kebiasaan melemparkan telur saat ulang tahun sudah sering dilakukan oleh sebagian besar anak-anak di Tanah Air. Bahkan, informasi terbaru, kebiasaan tersebut menimbulkan bahaya pada kesehatan mata.

Kantor Nasdem Aceh Diteror Telur Busuk, Gus Choi: Ujian Anies untuk Naik Derajat

Sebuah informasi yang cukup menggemparkan berkaitan dengan pelemparan telur busuk saat ulang tahun tersebut. Disebut-sebut, kebiasaan itu menimbulkan kebutaan pada salah satu anak yang berulang tahun.

Kebutaan itu dikaitkan dengan adanya bakteri dari telur busuk yang menyerang bagian kornea mata. Sehingga, mengakibatkan korneanya harus diangkat dan merelakan penglihatannya dilepas. Namun, dokter spesialis mata menegaskan, belum ada penelitian terkait bakteri telur busuk dan kornea.

Polisi Bantah Ada Pelemparan Telur Busuk ke Kantor Nasdem Aceh

"Selama pendidikan, belum ada penyebab kerusakan kornea akibat bakteri telur busuk. Penelitian pastinya belum ada," ujar dr. Feriyanto, Sp.M, kepada VIVA.co.id, Kamis 23 Februari 2017.

Dokter yang bekerja di Ciputra Hospital itu menjelaskan, segala barang mentah pastinya mengandung kuman. Terlebih, jika benda asing tersebut masuk ke mata, kemungkinan untuk infeksi tentu ada.

Kantor DPW Nasdem Aceh Dilempar Telur Busuk, Safari Politik Anies Tetap Meriah

"Kalau benda asing masuk ke mata, kemungkinan infeksi ada. Apalagi, bahaya telur busuk yang mengandung kuman dan masuk ke mata, bisa infeksi pada semua bagian mata, tidak hanya kornea tapi juga konjungtiva mata," jelas dokter Feri.

Namun, dokter Feri menegaskan, masalah pada kebutaan anak tersebut perlu diobservasi kembali. Menurutnya, penyebab dari masalah kebutaan itu, perlu diperjelas.

"Perlu dilihat yang masuk itu apakah bagian telur busuknya atau malah serpihan kulit telur. Kalau serpihan kulit telur itu kan tajam, bisa menembus kornea," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya