Paparan Suhu Panas Picu Rusaknya Kualitas Sperma

Ilustrasi pembuahan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Ada banyak hal ternyata yang bisa jadi penyebab rusaknya kualitas sperma pria. Paparan suhu panas berlebihan, menjadi penyebab utama dropnya kualitas sperma.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Menurut profesor olahraga fisik dan nutrisi, dr. Anthony Hackney, kelelahan fisik akibat olahraga secara berlebihan juga jadi pemicu lain, membuat kadar hormon testosteron menurun pada tubuh pria. Pemicunya terletak pada kondisi hypogonadal pria yang tertekan, sehingga turut menurunkan kadar hormon testosteron.

Dilansir laman Medical Daily, kondisi hypogonadal tersebut, cenderung disebabkan oleh intensitas olahraga yang tinggi. Hal ini terlihat pada perbandingan tiga kelompok olahraga yang dilakukan pada studi ini.

Denny Sumargo dan Istri Sempat Jalani Program Hamil, Namun Gagal Karena Hal Ini

Peneliti menemukan, jenis olahraga ringan dan sedang, akan memicu tingginya libido pada pria. Sedangkan olahraga berat, malah menekan produksi hormon testosteron pada pria.

Tidak hanya itu, olahraga berat juga berkaitan dengan kualitas sperma. Saat berolahraga, tubuh cenderung mengalami suhu panas dan hal itu tentu memengaruhi kondisi dan produksi sperma dalam tubuh.

Top Trending: Ahok Sebut Jokowi Tak Bisa Kerja, Timnas Indonesia Juara Piala Asia

Jika suhu tubuh dibiarkan terlalu panas hingga 96 derajat akibat olahraga yang berlebihan, tidak menutup kemungkinan akan merusak kualitas sperma. Olahraga ini juga sama halnya dengan pemanasan tubuh usai sauna.

"Suhu panas menjadi kuncinya. Olahraga berat tentu memberi peningkatan panas pada suhu tubuh. Sehingga berdampak pada level hormon testosteron dan kualitas sperma yang dihasilkan," kata Anthony. (ase)

Denny Sumargo

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

Dalam usahanya untuk memiliki anak, Denny Sumargo telah menunjukkan perjuangan yang luar biasa. Denny mencoba berbagai metode untuk meningkatkan kualitas spermanya.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024