Daftar 15 Makanan Pemicu Kanker

Ilustrasi sel kanker.
Sumber :
  • Pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Kanker disebabkan oleh adanya mutasi DNA dalam sel-sel tubuh. Meski belum diketahui penyebab pastinya, namun peneliti menemukan, asupan makanan seseorang dapat memicu kejadian kanker.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

Perubahan sel normal menjadi kanker pada tubuh, memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Para peneliti masih mencoba memahami hal itu dari hal-hal sederhana di keseharian kehidupan manusia, seperti konsumsi makanan tertentu.

Dilansir laman Medical Daily, kanker memang penyakit yang sulit diprediksi. Karena sel kanker tumbuh tanpa sebab yang pasti. Faktor yang berperan besar seperti genetik dan usia seseorang, yang tidak bisa dihindari.

Pakar Sebut Pasien Kanker yang Meninggal Bukan Karena Kanker Melainkan Serangan Jantung dan Stroke

Tapi, gaya hidup diyakini masih menjadi pemicu kejadian kanker pada manusia. Padahal, gaya hidup tersebut dapat dihindari, khususnya makanan-makanan tertentu.

Berdasarkan pola makan warga Amerika, ada 15 daftar makanan yang berisiko memicu kanker, mencakup minuman bersoda, keripik kentang, daging olahan, canned tomato, popcorn yang dipanaskan kembali, alkohol, dan minyak yang mengalami dihidrogenesi.

Waspadai Risiko Kanker Tulang dari Kecelakaan, Bisa Picu Peradangan Parah

Selain itu, makanan ringan seperti kentang, pemanis buatan, farm raised fish, gula halus, tepung putih yang dihaluskan, daging asap, acar, serta makanan yang disebut "makanan diet".

Makanan tersebut telah dikaitkan dengan masalah kesehatan lain seperti obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Sehingga tidak heran, sel normal di tubuh berubah menjadi kanker. (mus)

Ilustrasi kanker.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Seringkali, apa yang diketahui soal pencegahan kanker masih berubah. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa risiko Anda terkena kanker ditentukan oleh pilihan gaya hidup

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024