Wajib Tahu, Pentingnya Sikat Gigi Setelah Sarapan

Sikat gigi pakai pasta gigi
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Merawat kebersihan gigi dan mulut menjadi salah satu bagian penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari.

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu

Rutinitas menyikat gigi yang tak boleh ditinggalkan adalah setelah sarapan. Sarapan biasanya menjadi aktivitas penutup di pagi hari sebelum beraktivitas di luar rumah. Tapi seringkali, sikat gigi justru dilakukan sebelum sarapan.

Kenapa menyikat gigi setelah sarapan penting? Division Head for Health & Wellbeing and Professional Insitution Unilever, drg. Ratu Mirah Afifah menjelaskan, jika membersihkan gigi sebelum makan maka sisa-sisa makanan akan tertinggal di gigi dan bisa diubah menjadi asam oleh bakteri yang ada di dalam rongga mulut.

Sikat Gigi dan Berkumur Saat Puasa Ramadhan, Begini Hukumnya

"Itu akan menjadi makanan yang mendorong bakteri-bakteri tersebut untuk berkembang biak dengan banyak. Terutama pada sisa makanan manis," ujar Mirah saat acara Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut di SDN Rawa Buntu 03 Serpong, Tangerang, Senin, 20 Maret 2017.

Itulah kenapa membersihkan gigi setelah sarapan menjadi sangat penting. Apalagi jarak menyikat gigi di pagi hari hingga ke sikat gigi berikutnya ada jeda waktu panjang.

Hati-hati, Malas Sikat Gigi Bikin COVID-19 Mudah Berkembang Biak

Dan di sela-sela jeda itu kita pasti banyak mengunyah makan. Bisa dibayangkan berapa banyak sisa makanan yang menumpuk jadi menjadi sumber bakteri berkembang biak.

Menyikat gigi, imbuh Mirah, menjadi cara untuk membersihkan sisa makanan yang menjadi sumber makanan bakteri dalam rongga mulut.

Sikat gigi pakai pasta gigi

Bangun Tidur Jangan Langsung Sikat Gigi, sampai Gejala COVID-19

Round-up dari kanal Lifestyle pada Rabu, 7 Juli 2021. Salah satunya artikel mengenai larangan langsung sikat gigi setelah bangun.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2021