Indera Penciuman Buruk Pengaruhi Kehidupan Sosial Wanita

Ilustrasi lansia.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Miliki indera penciuman yang buruk ternyata dapat berdampak pada kehidupan sosial seorang wanita. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita usia lanjut yang miliki daya penciuman kurang, teridentifikasi memiliki kehidupan sosial yang kurang.

Memiliki Kemungkinan Idap Alzheimer, Chris Hemsworth Pilih Vakum Syuting

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Scientific Reports ini melibatkan responden wanita lanjut usia yang diminta melakukan tes penciuman terhadap beberapa jenis aroma.

Kepala peneliti Johan Lundstorm, Ph.D., dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia menyebutkan seiring dengan bertambahnya usia, indera penciuman manusia akan menurun daya sensitifnya.

Manfaat Buah Delima untuk Mencegah Penyakit Alzheimer

National Institutes of Health (NIH), menyebutkan bahwa hampir seperempat wanita dan sekitar 11 persen pria pada usia 60 dan 69 dilaporkan memiliki masalah dengan penciuman mereka, seperti ilansir dari laman Medical News Today.

Studi tersebut juga mengaitkan antara kurangnya daya penciuman dengan munculnya penyakit neuro degeneratif termasuk Alzheimer dan Parkinson.

Awas, 5 Risiko Kesehatan Ini Mengancam Pemain Sepak Bola

Berdasarkan studi tersebut, Lundstrom dan tim peneliti menyimpulkan bahwa kehilangan daya penciuman akan berpengaruh pada perilaku sosial seseorang.

"Ada sebuah anekdot yang mengatakan bahwa jika Anda kehilangan indera penciuman, Anda akan kehilangan teman-teman Anda," ujarnya.

Chris Hemsworth dan istrinya Elsa Pataky (berdandan seperti lansia)

Chris Hemsworth Terancam Kena Alzheimer, Istri Beri Kejutan yang Bikin Haru

Pada November 2022 lalu, Chris Hemsworth membagikan kabar mengejutkan tentang kondisi kesehatannya. Pemeran Thor tersebut telah dinyatakan berisiko terkena Alzheimer.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2023