Kegemukan Juga Bisa Picu Kanker Hati

Ilustrasi wanita obesitas
Sumber :
  • REUTERS/Juan Carlos Ulate

VIVA.co.id – Tubuh gemuk memang rentan mengidap berbagai penyakit berbahaya. Salah satunya penyakit hati yakni sirosis hati, yang terbentuk akibat tumpukan lemak di tubuh.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Seringkali banyak yang berpikir bahwa penyakit hati hanya berasal dari minuman beralkohol. Nyatanya, tubuh gemuk dapat memicu kejadian sirosis hati bahkan kanker.

"Sel hati yang normal jadi rusak dan mengalami masalah, istilahnya non alkoholic fatty liver disease. Nanti berkembang terus dan ini akan berkembang jadi sirosis, lalu jadi kanker hati," ujar spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. WH Sibuea, SpPD, dalam diskusi Perkembangan Penyakit Sirosis Hepatitis di Indonesia, di Rumah Sakit Tebet, Jakarta, Senin 3 April 2017.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Dituturkannya, tumpukan lemak bisa berkumpul di organ hati. Nantinya, tumpukan lemak itu dapat membuat kerusakan di sel hati yang normal.

"Jadi kalau berat badan berlebih maka lemak yang kita timbun itu, kecuali di bawah kulit, juga ternyata ada di dalam hati. Makanya sel hati normal bisa rusak," jelasnya.

Sama-sama Atasi Obesitas, Apa Perbedaan Operasi Bariatrik dan Balon Lambung?

Maka dari itu, ia menyarankan pentingnya menjaga pola makan agar membentuk tubuh yang bugar. Pilihan diet sehat dapat memberikan tubuh yang juga sehat pada seluruh organnya.

"Untuk mengantisipasi, agar tidak timbul obesitas, yang harus dihindari makan daging. Kemudian lebih  banyak makan sayur, dan juga diet yang teratur. Kegemukan kita berantas dengan mengatur diet dari awal."

Ilustrasi serangan jantung

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia, menyebabkan jutaan kematian setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024