Mengungkap Penyebab Banyak Wanita Sulit Hamil

Ilustrasi kehamilan.
Sumber :
  • Pixabay/ ekseaborn0

VIVA.co.id – Untuk hamil dan memiliki anak, diperlukan persiapan yang tepat. Banyak faktor yang harus dipersiapkan untuk kehamilan. Namun, sayangnya, kebanyakan calon ibu, cenderung mengabaikan persiapan-persiapan yang harus dilakukan sebelum menjalani proses kehamilan.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Dilansir dari laman The Health Site, faktor gaya hidup, menjadi salah satu yang memengaruhi kesuburan seorang wanita. Berikut beberapa gaya hidup yang buruk, yang menurunkan tingkat kesuburan.

1. Tidak tidur cukup

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Kekurangan waktu tidur, meningkatkan kadar stres. Pastikan pula Anda memadamkan lampu, untuk mempermudah mata agar terlelap.

2. Kurang vitamin D

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Kebutuhan vitamin D pada tubuh, ternyata berkaitan dengan kesuburan. Paparan sinar matahari pagi yang baik secara rutin, dapat meningkatkan kesuburan pada kaum wanita.

3. Tidak menggunakan pelumas

Dengan tidak ada atau berkurangnya pelumas baik saat bercinta, berkaitan dengan penurunan kesuburan. Sebab, kenyamanan saat bercinta memengaruhi proses ovulasi. Gunakan pelumas yang aman dan baik seperti tidak mengandung gliserin, ramah sperma, keseimbangan pH dan paraben-free.

4. Indeks Massa Tubuh (IMT)

Kesuburan berkaitan dengan tingginya IMT. Sehingga, disarankan agar mendiskusikan berat badan, pola makan, dan olahraga tepat, sebelum merencanakan kehamilan.

5. Penggunaan produk plastik berlebihan

Produksi phthalates di tubuh akan meningkat seiring dengan penggunaan produk plastik. Mulai dari tempat makan plastik hingga pembungkus langsung. Hormon endokrin akan terganggu, di mana berhubungan dengan kemampuan tubuh meregulasi hormon reproduksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya