Tiga Beban Hidup Kaum Urban Pemicu Stres

Ilustrasi stres.
Sumber :
  • Pexels/gratisography.com

VIVA.co.id – Stres merupakan suatu keadaan yang muncul akibat beberapa tuntutan. Ternyata, kehidupan masyarakat urban, menjadi yang paling rentan mengalami stres karena situasi hidup di perkotaan.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Ada tiga beban yang sulit dihindarkan kaum urban. Beban tersebut, khususnya yang dialamai masyarakat di ibukota Jakarta, mencakup tempat tinggal mahal, transportasi, dan tingkat sosial.

"Tempat tinggal yang mahal namun pendapatan tidak setara, transportasi yang tidak memadai serta tingkat kriminalitas yang cukup tinggi. Sehingga tidak jarang, kaum urban mengalami tingkat stres akibat tiga beban ini," ujar pengamat ekonomi Imaduddin Abdullah, dalam diskusi bertajuk Urban Living and Stress Management, di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu 12 April 2017.

Gak Boleh Dipendam, Rasa Marah Bisa Memicu Gaya Hidup Tidak Sehat

Sependapat dengan hal itu, psikolog Liza Marielly Djaprie, menuturkan, stres bersumber pada interaksi manusia dengan lingkungan sekitarnya. Stres yang timbul, cenderung diakibatkan oleh tuntutan yang kini sering dialami kaum urban.

"Misalnya, stres terjadi saat merasa harus membayar cicilan rumah yang ternyata harganya lebih besar dari pendapatan mereka sendiri. Dengan begitu, ia akan merasa ada kesenjangan antara dirinya dan beban pemicu itu," ujar Liza.

Idap Gangguan Identitas Integritas Tubuh, Pria Ini Minta Dokter Potong 2 Jarinya yang Sehat

Tuntutan dari lingkungan tempat tinggal seseorang tersebut juga ikut mempengaruhi sisi psikologisnya. Dilanjutkan Liza, tuntutan yang kemudian dirasa sulit dilaksanakan, membuat pola pikirnya memaksa dia untuk  bekerja lebìh keras.

"Dia menjadi banyak pikiran dan akhirnya hormon stres timbul karena hal itu. Perlahan, stres malah membuat kerusakan pada dirinya, makin menjadi buruk karena beban tersebut masih dirasa sulit teratasi," kata dia.

Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024